Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Turi Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penerapan
model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga terhadap
prestasi belajar peserta didik pada aspek penilaian pengetahuan dan keterampilan
di SMAN 1 Turi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi
penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Turi tahun ajaran
2019/2020 yang berjumlah 2 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive
sampling sebanyak 2 kelas. Prestasi belajar peserta didik pada aspek pengetahuan
diukur dengan metode tes yaitu tes tertulis objektif sedangkan untuk aspek
keterampilan diukur dengan metode non tes meliputi observasi keterampilan
laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil untuk prestasi belajar
aspek pengetahuan menggunakan statistika nonparametrik uji Mann Whitney
dengan signifikansi 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan
penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga.
Sedangkan hasil penelitian untuk prestasi belajar aspek keterampilan
menggunakan statistika nonparametrik uji Mann Whitney dengan signifikansi
0,016 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga.
Collections
- Statistics [900]