Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhaimin, S.Si., M.Sc.
dc.contributor.advisorMuhaimin, S.Si., M.Sc.
dc.contributor.authorSarda
dc.date.accessioned2021-07-27T05:40:38Z
dc.date.available2021-07-27T05:40:38Z
dc.date.issued2021-03-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30896
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga terhadap prestasi belajar peserta didik pada aspek penilaian pengetahuan dan keterampilan di SMAN 1 Turi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Turi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 2 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas. Prestasi belajar peserta didik pada aspek pengetahuan diukur dengan metode tes yaitu tes tertulis objektif sedangkan untuk aspek keterampilan diukur dengan metode non tes meliputi observasi keterampilan laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil untuk prestasi belajar aspek pengetahuan menggunakan statistika nonparametrik uji Mann Whitney dengan signifikansi 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga. Sedangkan hasil penelitian untuk prestasi belajar aspek keterampilan menggunakan statistika nonparametrik uji Mann Whitney dengan signifikansi 0,016 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectInkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectInkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Turi Tahun Ajaran 2019/2020en_US
dc.Identifier.NIM17614029


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record