Pengaruh Persepsi Nilai Konsumsi Local Food Terhadap Sikap, Citra Destinasi Dan Niat Prilaku (Studi Perilaku Wisatawan Di Surabaya)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi nilai konsumsi
local food terhadap sikap, citra destinasi, dan niat perilaku di wisatawan Kota Surabaya.
Penelitian ini menggunakan Analisis Faktor Konfirmatori untuk menguji apakah indikatorindikator yang dikelompokkan konsisten berada dalam konstruknya. Masing-masing variabel
laten akan diperiksa berdasarkan hubungan kausalitasnya. Penelitian ini mendapati bahwa
persepsi nilai local food berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap wisatawan terhadap
makanan lokal. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dimensi taste/quality value, health value,
emotional value, prestige value dan epistemic value terbukti berpengaruh signifikan terhadap
sikap sedangkan untuk dimensi persepsi harga (price value) dan persepsi interaksi (Interaction
value) tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap wisatawan. Penelitian ini juga menemukan
bahwa sikap wisatawan terhadap makanan lokal berpengaruh positif signifikan terhadap citra
destinasi makanan lokal dan niat berperilaku, dan citra wisatawan terhadap makanan lokal
berpengaruh positif signifikan terhadap niat berperilaku. Oleh karena itu, penting bagi para
pemasar wisata kuliner, pemerintah daerah, dan pengelola restoran untuk meningkatkan persepsi
pelanggan terhadap pangan lokal dengan menjunjung tinggi nilai keaslian dan inovasi produk
makanan lokal yang lebih baik. Untuk penelitian selanjutnya, elemen lebih lanjut mungkin perlu
diperkenalkan termasuk elemen kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan yang dirasakan oleh
wisatawan selama berkunjung dan pengalaman mengkonsumsi makanan lokal di Surabaya.
Collections
- Master of Management [408]