Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keterlibatan Pemasok dan Pelanggan dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Produk Baru (Studi Kasus pada UKM Perak di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh Keterlibatan Pemasok dan Pelanggan terhadap Kinerja Produk Baru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah UKM Perak yang terletak di Yogyakarta. Responden yang digunakan dalam penelitian ini ada 100 sampel dari seluruh pengrajin atau UKM Perak yang tersebar di Yogyakarta. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan peneliti. Metode yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS versi 22.0. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan positif antara modularitas produk terhadap keterlibatan pemasok dan pelanggan, inovasi produk terhadap keterlibatan pemasok dan pelanggan, koordinasi internal terhadap keterlibatan pemasok dan pelanggan, inovasi produk terhadap kinerja produk baru, serta keterlibatan pemasok dan pelanggan terhadap kinerja produk baru.
Collections
- Management [4524]