STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (IMC) DINAS PARIWISATA PROVINSI BANTEN DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA BANTEN
Abstract
Nasuha Ali Sobari. 13321053. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Imc)
Dinas Pariwisata Provinsi Banten Dalam Mempromosikan Pariwisata Banten.
Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu
Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia 2017.
Provinsi Banten sebagai provinsi yang baru terbentuk pada tahun 2000 menjadi daerah
yang terus berkembang. Terutama dalam sector pariwisata. Dengan memiliki Banten 7
Wonders Banten semakin menunjukkan eksistensi nya di dunia pariwisata. Dengan
memiliki Banten 7 Wonders Banten dapat lebih gencar dalam melakukan promosipromosi
terkait pariwisata Banten itu sendiri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif dengan
menggunakan observasi dan pengambilan data melalui wawancara dengan beberapa
narasumber yang terkait serta ditunjang dengan dokumentasi pendukung. Berdasarkan
kerangka teori, hal yang harus dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten dalam
mempromosikan pariwisata Banten yang sesuai dengan strategi komunikasi pemasaran
terpadu adalah terdapat beberapa tools seperti Periklanan, Penjualan Langsung,
Pemasaran Langsung, Promosi Penjualan, public relations, dan internet marketing.
Keenam tools tersebut dapat diimplementasikan secara terpisah maupun secara
terintegrasi satu sama lain. Penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT untuk
melihat peluang dan hambatan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Banten sebagai
penentu kebijakan pariwisata di Banten menggunakan strategi-strategi seperti Menjalin
Hubungan dan Menggandeng Stakeholder, Menciptakan Sinergi, Mempengaruhi
Perilaku. Dinas Pariwisata Provinsi Banten juga menggunakan tools yang terdapat
dalam unsur-unsur strategi komunikasi pemasaran terpadu sebagai implementasi dari
strategi tersebut. Adapun implementasinya yaitu: Menggunakan Media dalam beriklan,
Menggandeng stakeholder dalam melakukan promosi penjualan, Menggandeng Duta
Pariwisata sebagai kegiatan public relation, Mengikuti dan mengadakan pameran,
Menyerahkan penjualan langsung kepada stakeholder, Pemanfaatan sarana email dalam
pemasaran langsung melalui Asita dan perusahaan yang menjadi mitra, Pemanfaatan
sosial media sebagai wadah untuk Branding Pariwisata Banten dan Menggandeng
Komunitas-komunitas anak muda yang cukup aktif di sosial media.
Collections
- Communication [943]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pusat Pertunjukan Seni Islam Banten di Kabupaten Serang: Penekanan pada Konsep Arsitektur Islam Banten
Firmansyah, Irwan (UII Yogyakarta, 2001)Seni merupakan salah satu dari aspek integral sebagai penyusun kebudayaan, yang ada di Indonesia. Demikian pula halnya dengan Seni Islam Banten yang tumbuh dan berkembang ditengah-tengah masyarakat muslim di Kabupaten ... -
MULTIKULTURALISME DI BANTEN LAMA (Komunikasi Lintas Budaya Antara Etnis Tionghoa dan Jawa Serang Dalam Isu Kerukunan Umat Beragama di Kawasan Banten Lama)
Nadya Annisa, 14321003 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-28)Banten telah berdiri satu kerajaan dengan sebutan Kesultanan Banten, etnis Tionghoa di Banten memiliki pola kebudayaan yang berasal dari Negeri Cina. Vihara Avalokistevara terletak di Kecamatan Kasemen Wilayah Banten Lama ... -
Pusat Pertunjukan Seni Islam Banten Di Kabupaten Serang Penekanan Pada Konsep Arsitektur Islam Banten
Irwan Firmansyah, 96340069 (Universitas Islam Indonesia, 2001)Pusat Pertunjukan Seni Islam Banten di Kabupaten Serang Penekanan Pada KOllsep Arsitektur Islam Banten Banten Islamic Art Exhibition Center at Serang Regency Seni merupakan salah satu dari aspek integral sebagai penyusun ...