Show simple item record

dc.contributor.advisorAl Hasin
dc.contributor.authorMohammad Rachmad Ibrahim
dc.date.accessioned2021-03-03T02:30:54Z
dc.date.available2021-03-03T02:30:54Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27398
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut desain yang terdiri dari tulisan (font), gambar (image), tema, bentuk, dan warna terhadap keputusan pembelian produk t-shirt Rebel Stars Industries dan untuk menganalisis atribut desain yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk t­ shirt Rebel Stars Industries, serta menganalisis perbedaan keputusan pembelian produk t-shirt Rebel Stars Industries terhadap atribut desain berdasarkan karakteristik konsumen. Variabel dalam penelitian i ni terdiri dari 6 (enam) yaitu variabel keputusan pembelian (Y), tulisan (font) (X1), gambar (image) (X2), tema (X3), bentuk (X4) dan wama (X5). Data dalam penelitian ini diperoleh dari 100 orang konsumen yang pernah melakukan pembelian di official showroom & vendor Rebel Stars Industries yang bertempat di Jalan Taman Siswa 59, Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan akan dilakukan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif ini adalah analisis data yang tidak menggunakan perhitungan atau angka-angka, sedangkan analisis kuantitatif yang digunakan adalah uji F dan uji t, analisis regresi (R) dan koefisien detenninasi (R²), serta uji beda jenjang dari Kruskal-Wallis. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil pengujian secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa atribut desain yang terdiri dari tulisan (font), gambar (image), tema, bentuk, dan wama secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa atribut desain yang terdiri dari tulisan (font), gambar (image), dan bentuk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, namun atribut tema dan wama tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Hasil uji koefisien regresi (R) sebesar 0,667 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara atribut desain yang terdiri dari: tulisan (font), gam bar (image), tema, bentuk, dan warna secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pem belian t-shirt Rebel Stars Industries. Sedangkan perhitungan regresi didapat nilai koefisien determiinasi (R² sebesar 0,445 yang artinya 44,5% dari keputusan pembelian dipengaruhi secara bersama-sama oleh atribut desain yang terdiri dari: tulisan (font), gambar (image), tema; bentuk dan wama, sedangkan sisanya sebesar 55,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. (4) Hasil uji Kruskal-Wallis terhadap keputusan pembelian berdasarkan karakterisrik responden menunjukkan bahwa keputusan pembelian terhadap karakteristik pengeluaran per bulan memiliki perbedaan secara signifikan. dan jumlah t-shirt yang dimiliki menunjukkan tidak ada perbedaan secara signifikan. (5) Hasil uji Kruskal-Wallis terhadap atribut desain berdasarkan gender / jenis kelamin menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari keputusan pembelian terhadap atribut gambar ( image) t-shirt Rebel Stars Industries jika ditinjau dari segi gender. Hasil uji Kruskal-Wallis atribut desain berdasarkan umur menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dari keputusan pembelian terhadap atribut desain yang berupa tulisan (font) t-shirt Rebel Stars Industries jika ditinjau dari segi usia. Hasil uji Kruskal-Wallis atribut desain berdasarkan pendidikan terakhir menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari keputusan pembelian terhadap seluruh atribut desain t-shirt Rebel Stars Industries jika ditinjau dari segi pendidikan terakhir. Hasil uji Kruskal­ Wallis atribut desain berdasarkan jumlah t-shirt yang dimiliki menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari keputusan pembelian terhadap atribut desain tema dan wama t-sh i rt Rebel Stars Industries jika ditinjau dari segi jumlah t-shirt yang dimiliki. Dan hasil uji Kruskal-Wallis atribut desain sikap berdasarkan pengeluaran per bulan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari keputusan pembelian terhadap atribut desain tulisan (font) dan tema t-shirt Rebel Stars Industries jika ditinjau dari segi pengeluaran per bulan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAtribut Desainen_US
dc.subjectKeputusan Pembelian Produk T-Shirt Rebel Stars Industriesen_US
dc.titlePengaruh Atribut Desain Terhadap Keputusan Pembelian Produk T-Shirt Rebel Stars Industriesen_US
dc.Identifier.NIM02311313


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record