Show simple item record

dc.contributor.advisorSri Hardjanti
dc.contributor.authorHendra Muhammad
dc.date.accessioned2021-01-22T05:46:15Z
dc.date.available2021-01-22T05:46:15Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/26712
dc.description.abstractKegiatan promosi yang paling efektif dewasa ini adalah memperkenalkan produk melalui jasa periklanan. Ditunjang makin tingginya frekuensi kampanye beriklan darii berbagai rnacam merek produk baru selalu muncul menyambangi di layar kaca (TV) setiap hari. Hal ini semakin membuat para pengiklan (Advertiser) berusaha untuk mencoba membuat sesuatu iklan yang lebih kuat, efektif dan efisien. Maksudnya, suatu iklan harus mampu menarik perhatian pemirsa dan mempengaruhi kosumen dengan pesan yang dibuat lebih jelas, mudah dimengerti dan diingat oleh konsumen. Maraknya tren merek-merek produk beriklan dengan memakai berbagai format gaya iklan saat ini, salah satunya adalah dengan memakai format testimonial .Iklan jenis ini relatif lebih cepat mencapai sasaran dan mengena di benak konsumen. Disisi lain, iklan ini cenderung berusaha memanfaatkan kesaksian-kesaksian disertai pengalaman dan bukti nyata dari konsumen sehingga diharapkan akan lebih banyak lagi konsumen yang terpengaruh dan mempercayai iklan dengan mengikuti jejak si saksi untuk mengonsumsi produk tersebut. Menurut Thomas Ronaldene iklan testimoni adalah iklan yang mempergunakan masyarakat biasa / orang terkenal yang dinilai mampu meyakinkan pemirsa televisi dengan cara memberikan kesaksian atau jaminan tentang suatu produk, sehingga pemirsa akan mudah mengingat produk yang ditawarkan tersebut. (J. Thomas. Ronaldlane,1992 ; 256). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh iklan testimoni Oli Top-1 terhadap minat beli konsumen dan menjelaskan variabel-variabel yang digunakan didalamnya, yaitu, (pesan iklan, sumber kesaksian (testifier), bukti kesaksian dan kreatifitas iklan). Data dalam penelitian ini adalah data primer dengan memakai teknik convenience sampling dengan jumlah 106 responden yang pernah menyaksikan tayangan iklan testimoni Oli Top-1 di televisi. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh iklan testimoni Oli Top-1 terhadap minat beli konsumen di kecamatan Depok, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta serta dilengkapi analisis korelasi berganda dan korelasi parsial untuk mengetahui variabel iklan mana yang paling dominanpengaruhnyadiantara keempat variabel tersebut. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa responden menjawab setuju terhadap pernyataan yang diajukan tentang variabel (pesan iklan, sumber kesaksian (testifier), bukti kesaksian dan kreatifitas iklan). Sedangkan, dari hasil analisis kuantitatif diperoleh kesimpulan bahwa variabel pesan iklan dan bukti kesaksian secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sebesar 46,6%. Pengujian juga dilakukan secara parsial dimana diperoleh kesimpulan bahwa variabel pesan iklan dan bukti kesaksian mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Untuk variabel bukti kesaksian diketahui memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap minat beli.. Hal ini bisa dilihat dari nilai koefisien determinasi parsialnya sebesar 35 %. Namun, pada variabel sumber kesaksian dan kreatifitas iklan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Kata Kunci : Iklan Testimonial, Pesan Iklan, Sumber Kesaksian (Testifier), Bukti Kesaksian, Kreatifitas Iklan, Minat Beli Konsumen.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectIklan Testimonien_US
dc.subjectProduk Minyak Pelumas Oli Top 1 Sintetiken_US
dc.subjectMedia Televisien_US
dc.subjectMinat Beli Konsumenen_US
dc.subjectPesan Iklanen_US
dc.subjectSumber Kesaksian (Testifier)en_US
dc.subjectBukti Kesaksianen_US
dc.subjectKreatifitas Iklanen_US
dc.subjectMinat Beli Konsumenen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Iklan Testimoni Produk Minyak Pelumas Oli Top 1 Sintetik Di Media Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Desa Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM01311584


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record