Analisis Pengaruh Iklan Testimoni Produk Minyak Pelumas Oli Top 1 Sintetik Di Media Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Desa Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta)
Abstract
Kegiatan promosi yang paling efektif dewasa ini adalah memperkenalkan
produk melalui jasa periklanan. Ditunjang makin tingginya frekuensi kampanye
beriklan darii berbagai rnacam merek produk baru selalu muncul menyambangi di
layar kaca (TV) setiap hari. Hal ini semakin membuat para pengiklan (Advertiser)
berusaha untuk mencoba membuat sesuatu iklan yang lebih kuat, efektif dan efisien.
Maksudnya, suatu iklan harus mampu menarik perhatian pemirsa dan mempengaruhi
kosumen dengan pesan yang dibuat lebih jelas, mudah dimengerti dan diingat oleh
konsumen.
Maraknya tren merek-merek produk beriklan dengan memakai berbagai
format gaya iklan saat ini, salah satunya adalah dengan memakai format testimonial
.Iklan jenis ini relatif lebih cepat mencapai sasaran dan mengena di benak konsumen.
Disisi lain, iklan ini cenderung berusaha memanfaatkan kesaksian-kesaksian disertai
pengalaman dan bukti nyata dari konsumen sehingga diharapkan akan lebih banyak
lagi konsumen yang terpengaruh dan mempercayai iklan dengan mengikuti jejak si
saksi untuk mengonsumsi produk tersebut. Menurut Thomas Ronaldene iklan
testimoni adalah iklan yang mempergunakan masyarakat biasa / orang terkenal yang
dinilai mampu meyakinkan pemirsa televisi dengan cara memberikan kesaksian atau
jaminan tentang suatu produk, sehingga pemirsa akan mudah mengingat produk yang
ditawarkan tersebut. (J. Thomas. Ronaldlane,1992 ; 256).
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh iklan
testimoni Oli Top-1 terhadap minat beli konsumen dan menjelaskan variabel-variabel
yang digunakan didalamnya, yaitu, (pesan iklan, sumber kesaksian (testifier), bukti
kesaksian dan kreatifitas iklan). Data dalam penelitian ini adalah data primer dengan
memakai teknik convenience sampling dengan jumlah 106 responden yang pernah
menyaksikan tayangan iklan testimoni Oli Top-1 di televisi.
Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk
mengetahui pengaruh iklan testimoni Oli Top-1 terhadap minat beli konsumen di
kecamatan Depok, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta serta dilengkapi analisis
korelasi berganda dan korelasi parsial untuk mengetahui variabel iklan mana yang
paling dominanpengaruhnyadiantara keempat variabel tersebut.
Dari hasil analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa responden menjawab
setuju terhadap pernyataan yang diajukan tentang variabel (pesan iklan, sumber
kesaksian (testifier), bukti kesaksian dan kreatifitas iklan). Sedangkan, dari hasil
analisis kuantitatif diperoleh kesimpulan bahwa variabel pesan iklan dan bukti
kesaksian secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap minat beli konsumen sebesar 46,6%. Pengujian juga dilakukan secara parsial
dimana diperoleh kesimpulan bahwa variabel pesan iklan dan bukti kesaksian
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Untuk variabel
bukti kesaksian diketahui memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap minat
beli.. Hal ini bisa dilihat dari nilai koefisien determinasi parsialnya sebesar 35 %.
Namun, pada variabel sumber kesaksian dan kreatifitas iklan tidak mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen.
Kata Kunci : Iklan Testimonial, Pesan Iklan, Sumber Kesaksian (Testifier), Bukti
Kesaksian, Kreatifitas Iklan, Minat Beli Konsumen.
Collections
- Management [4548]