Analisis Sikap Konsumen Shampo Clear dan Pantene Setelah Adanya Promosi Penjualan dan Kaitannya Dengan Minat Beli Konsumen di Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini mengambil judul "Analisis Sikap Konsumen Shampo Clear
dan Pantene Setelah Adanya Promosi Penjualan dan Kaitannya Dengan Minat Beli
Konsumen di Kabupaten Bantul, Yogyakarta ". Tujuan dari dilakukannya penelitian
ini adalah untuk mengidentifikasi sikap konsumen setelah adanya promosi penjualan,
norma subjektifsertapengaruh sikap setelah adanya promosi penjualan dan norma
subjektif terhadap minat beli konsumen pada shampo anti ketombe merek Clear
"HairFall Defense "dan Pantene "Anti Ketombe 2 in 1" .
Penelitian ini menggunakan model Theory of Reasoned Action dari
Fishbein dan Ajzen dimana minat untuk membeli dipengaruhi oleh dua variabel,
yaitu variabel sikap dan norma subjektif. Variabel sikap dapat diukur dari besamya
keyakinan dan evaluasi atas keyakinan, sedangkan norma subjektifdapat diukur dari
besamya nilai keyakinan normatif dan motivasi. Data yang digunakan dalam
penelitian ini diperoleh dengan mengedarkan dua macam angket. Angket pertama
digunakan untuk mengidentifikasi atribut-atribut dari shampo anti ketombe yang
dianggap penting oleh konsumen shampo. Sedangkan angket kedua digunakan untuk
memperoleh data yang kemudian akan dianalisis untuk kepentingan pembuktian
hipotesis yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasilanalisis regresi linear berganda dibuktikan bahwa minat
beli konsumen terhadap kedua merek shampo tersebut dipengaruhi secara positif
oleh sikap dan norma subjektif. Sedangkan hasil uji Kruskal-Wallis tidak
menunjukkan adanya perbedaan sikap, norma subjektif maupun minat jika dilihat
dari perbedaan karakteristik konsumen (gender, usia dan pengeluaran) kecuali sikap
konsumen terhadap atribut manfaat mencegah kerontokan pada merek Pantene "And
Ketombe 2 in 1" dan pengaruh norma subjektif referen keluarga dan teman dekat
pada merekClear "Hair Fall Defense".
Collections
- Management [4524]