Analisis Perbedaan Sikap Konsumen Terhadap Kualitas Jasa Kereta Api Argo Lawu dan Argo Dwipangga di Stasiun Tugu Jogjakarta
Abstract
Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pemasaran jasa adalah
perusahaan jasa transportasi. Salah satu alat transportasi darat yang banyak
diminati masyarakat saat ini adalah kereta api. PT. Kereta Api Indonesia (PT.
KAI) sebagai satu-satunya penyelenggara jasa transportasi darat khususnya kereta
api di Indonesia dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
masyarakat sebagai konsumen pengguna jasa. Salah satu produk PT. KAI adalah
kereta api eksekutifuntuk melayani masyarakat golongan menengah ke atas.
Skripsi ini berjudul "Analisis Perbedaan Sikap Konsumen Terhadap KuaHtas
Jasa Kereta Api Argo Lawu dan Argo Dwipangga di Stasiun Tugu Jogjakarta."
Penelitian dilakukan di Stasiun Tugu Jogjakarta. Atribut - atribut kualitas jasa
yang akan diteliti meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan
emphaty.Rumusan masalah penelitian ini, apakah ada / tidak ada perbedaan antara
kepercayaan, evaluasi dan sikap konsumen terhadap kualitas jasa Kereta Api Argo
Lawu dan Argo Dwipangga di Stasiun Tugu Jogjakarta. Alat analisis yang
digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang meliputi analisis
Indeks Sikap (Fishbein) dan Uji Wilcoxon. Populasi yang diteliti adalah
konsumen pengguna jasa Kereta Api Argo Lawu dan Argo Dwipangga di Stasiun
Tugu Jogjakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang. Berdasarkan hasil
penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang
signifikan antara kepercayaan, evaluasi, dan sikap konsumen terhadap kualitas
jasa Kereta Api Argo Lawu dan Argo Dwipangga di Stasiun Tugu Jogjakarta.
Collections
- Management [4703]