Analisis Strategi Pemasaran Perusahaan Bis Pariwisata Bimo Transport Yogyakarta
Abstract
PO. Bimo transport adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan bis
pariwisata yang ada di Yogyakarta. Dikarenakan banyaknya perusahaan sejenis di
kota tersebut menyebabkan tumbuhnya persaingan serta perubahan selera
konsumen terhadap bis pariwisata. Untuk mengantisipasi persaingan yang erjadi
dan perubahan selera konsumen maka PO. Bimo transport perlu melakukan
strategi pemasaran yang tepat agar dapat memenangkan persaiangan.
Penehtian pada strategi yang diterapkan perusahaan selama ini, yang
bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang
dihadapi perusahaan yang kemudian digunakan untuk menentukan posisi bisnis
perusahaan. Adapun manfaatnya adalah sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan
dalam menentukan strategi pemasaran untuk masa yang akan datang.
Oleh karena itu pihak manajemen PO. Bimo transport perlu
memperhatikan perubahan yang terjadi di lingkungan bisnisnya yang merupakan
faktor internal maupun faktor ekstemal. Dari faktor internal akan diketahui
kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness) sedangkan dari faktor ekstemal
akan dapat diketahui peluang (opportunity) dan ancaman (treath) yang
kesemuanya akan sangat membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang
tepat.
Dalam metode pengumpulan data, digunakan metode observasi,
kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Alat anahsis yang digunakan untuk
mengolah data yang diperoleh SWOT dan MDTI yang digunakan untuk
menentukan posisibisnis perusahaan.
Secara keseluruhan hasil penehtian menunjukkan bahwa bisnis
perusahaan berada pada posisi yang baik, ini berarti PO. Bimo Transport
memiliki peluang bisnis yang cukup prospektif dan dapat berkembang lebih
lanjut.
Collections
- Management [4527]