Analisis Strategi Marketing Mix terhadap Minat Mahasiswa Dari Luar Kota Pada Toko Swalayan Mirota Kampus Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh strategi
marketing mix terhadap minat beli mahasiswa kos di Yogyakarta. Unsur - unsur
marketing mix yang diteliti meliputi product (X1)
(4). Selain itu, peneliti juga bertujuan untuk mengetahui diantara variabel independent
yang diteliti, variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen di
toko Swalayan Mirota Kampus Yogyakarta.
Penelitian ini menguji empat hipotesis sebagai berikut H1: diduga marketing mix
berhubungan positif dengan minat beli mahasiswa kos di Yogyakarta. H2: variabel
marketing mix secara sendiri - sendiri atau parsial berpengaruh positif terhadap minat
beli konsumen, H3 : variabel marketing mix secara bersama - sama berpengaruh positif
terhadap minat beli konsumen, dan H4 : diduga variabel lokasi yang paling berpengaruh
terhadap minat beli konsumen terhadap produk di toko Swalayan Mirota Kampus.
Hipotesis 1 diuji dengan analisis korelasi parsial, hipotesis 2 dengan uji statistic t, dan
hipotesis 3dengan regresi linier berganda, serta hipotesis 4dengan cara melihat masing -
masing nilai koefisien regresi.
Penelitian ini mengambil 100 orang mahasiswa yang berstatus tinggal indekos di
Yogyakarta sebagai responden penelitian. Pengumpulan data melalui penyebaran
kuesioner tipe tertutup. Teknik pengambilan sample penelitian ini adalah metode non
probability sampling dengan tipepurposive sampling.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara bersama - sama maupun secara
parsial berpengaruh positifterhadap minat beli mahasiswa kos di Yogyakarta. Selain itu,
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi atau place merupakan factor yang paling
berpengaruh terhadap minat belay konsumen.
Collections
- Management [4527]