Show simple item record

dc.contributor.advisorAl Hasin
dc.contributor.authorSilvia Herlina Purba
dc.date.accessioned2021-01-18T08:53:28Z
dc.date.available2021-01-18T08:53:28Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/26560
dc.description.abstractKrisis ekonomi dan moneter yang bermula pada tahun 1997 mengakibatkan banyak bank mengalami penutupan karena tidak kuat menanggung non performing loan yang tinggi sehingga dari jumlah sekitar 300 an bank yang ada sebelum krisis, sekarang tinggal menyisakan 150 an. Bank Rakyat Indonesia termasuk salah satu bank yang bisa bertahan dalam krisis ekonomi. Untuk terus bertahan dalam persaingan industri perbankan yang semakin ketat maka sebuah bank harus memiliki strategi yang tepat. Dalam industri perbankan strategi sangat penting sekali, karena dengan strategi yang tepat bank bisa mendapatkan laba untuk bisa bertahan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan nasabah mereka. Didasari oleh latar belakang tersebut penulis mengambil judul Analisis Pemasaran Bank Rakyat Indonesia Cabang Samarinda Kalimantan Timur. Tujuan penelitian ini untuk Menganalisis kekuatan-kelemahan dan peluanghambatan Bank BRI untuk mengevaluasi penerapan strategi pemasaran dan menganalisis strategi pemasaran yang paling tepat agarBank BRI bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dalam menghadapi persaingan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisa MDTI dengan skala 5. langkah yang dilakukan pada MDTI adalah mengidentifikasi variabel internal dan eksternal, pemberian bobot dan nilai terhadap masing-masing variabel, menentukan nilai tertimbang dan menentukan prakiraan posisi perusahaan. Penulis juga menggunakan matrik SWOT untuk menggambarkan alternatif strategi agar lebih jelas dan detail. Hasil dari MDTI tersebut diperoleh nilai tertimbang variabel internal„„dan nilai tertimbang variabel eksternal,,,,. Posisi Bank Rakyat Indonesia Cabang Samarinda Kalimantan Timur berada pada set pertumbuhan selektif dengan kategori medium. Implementasi strateginya adalah memimpin berdasarkan segmen, memperbaiki kelemahan, membangun keunggulan. Sedangkan alternatifstrategi dari analisis SWOT mengahasilakn strategi SO yaitu perluasan pangsa pasar dan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Strategi ST yaitu membuat produk yang lebih unggul daripada pesaing dan mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. menggembangkan Strategi WO yaitu meningkatkan promosi yang lebih efektif. Akhirnya mendapatkan strategi WT dengan melakukan promosi sesuai dengan perkembangan dan perilaku konsumen.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Strategi Pemasaranen_US
dc.subjectBank Rakyat Indonesiaen_US
dc.subjectCabang Kalimantan Timuren_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Bank Rakyat Indonesia Cabang Kalimantan Timuren_US
dc.Identifier.NIM02311343


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record