Analisis Strategi Pemasaran Bank Rakyat Indonesia Cabang Kalimantan Timur
Abstract
Krisis ekonomi dan moneter yang bermula pada tahun 1997 mengakibatkan banyak
bank mengalami penutupan karena tidak kuat menanggung non performing loan yang
tinggi sehingga dari jumlah sekitar 300 an bank yang ada sebelum krisis, sekarang
tinggal menyisakan 150 an. Bank Rakyat Indonesia termasuk salah satu bank yang bisa
bertahan dalam krisis ekonomi. Untuk terus bertahan dalam persaingan industri
perbankan yang semakin ketat maka sebuah bank harus memiliki strategi yang tepat.
Dalam industri perbankan strategi sangat penting sekali, karena dengan strategi yang
tepat bank bisa mendapatkan laba untuk bisa bertahan dan memuaskan kebutuhan dan
keinginan nasabah mereka. Didasari oleh latar belakang tersebut penulis mengambil
judul Analisis Pemasaran Bank Rakyat Indonesia Cabang Samarinda Kalimantan
Timur.
Tujuan penelitian ini untuk Menganalisis kekuatan-kelemahan dan peluanghambatan
Bank BRI untuk mengevaluasi penerapan strategi pemasaran dan
menganalisis strategi pemasaran yang paling tepat agarBank BRI bisa mencapai tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya dalam menghadapi persaingan. Dalam penelitian ini
penulis menggunakan analisa MDTI dengan skala 5. langkah yang dilakukan pada
MDTI adalah mengidentifikasi variabel internal dan eksternal, pemberian bobot dan
nilai terhadap masing-masing variabel, menentukan nilai tertimbang dan menentukan
prakiraan posisi perusahaan. Penulis juga menggunakan matrik SWOT untuk
menggambarkan alternatif strategi agar lebih jelas dan detail.
Hasil dari MDTI tersebut diperoleh nilai tertimbang variabel internal„„dan nilai
tertimbang variabel eksternal,,,,. Posisi Bank Rakyat Indonesia Cabang Samarinda
Kalimantan Timur berada pada set pertumbuhan selektif dengan kategori medium.
Implementasi strateginya adalah memimpin berdasarkan segmen, memperbaiki
kelemahan, membangun keunggulan. Sedangkan alternatifstrategi dari analisis SWOT
mengahasilakn strategi SO yaitu perluasan pangsa pasar dan mempertahankan dan
meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Strategi ST yaitu membuat produk yang
lebih unggul daripada pesaing dan mempertahankan dan meningkatkan loyalitas
pelanggan. menggembangkan Strategi WO yaitu meningkatkan promosi yang lebih
efektif. Akhirnya mendapatkan strategi WT dengan melakukan promosi sesuai dengan
perkembangan dan perilaku konsumen.
Collections
- Management [4527]