The Strategy of Pertiwi Hotel Ubud Bali to Win The Competition In Challenging Business Environment "A Case Study of Strategy Analysis"
Abstract
Muchamad Awaludin (2005), Strategi Hotel Pertiwi Ubud, Bali Untuk
Memenangkan Persaingan Dalam Lingkungan Bisnis Yang Menantang "Studi
Kasus Tentang Strategi Analysis". Fakultas Ekonomi, Jurusan Meneiemen
Program Internasional, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Pertumbuhan yang sangat cepat di bidang bisnis perhotelan membuat
persaingan yang ketat antar hotel. Untuk memenangkan persaingan, sebuah hotel
harus memiliki strategi pemasaran yang bagus yang dapat di terapkan di dalam
system. Strategi Pemasaran mempunyai peranan yang cukup penting, karena
sukses atau gagalnya suatu hotel dalam mencapai tujuannya ditentukan oleh
kemampuan suatu hotel dalam menerapkan strategy pemasaran hotel tersebut.
Tujuan dan penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran
yang digunakan oleh Hotel Pertiwi di Ubud, Bali dengan mengetahui pangsa
pasar, posisinya di pasar dan menyarankan strategi pemasaran terbaik yang dapat
di terapkan di dalam hotel tersebut. Alat yang di gunakan di dalam analisis ini
adalah Matriks Daya Tarik Industri (MDTI). Untuk menentukan posisi pasar
Hotel Pertiwi, metode kuisioner, wawancara dan observasi digunakan didalam
penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian, di dalam MDTI, Hotel Pertiwi terletak di
kwadran pertama dengan daya tarik pasar yang tinggi (4.39) dan kekuatan bisnis yang kuat (4.55) yang berarti bahwa kekuatan dan peluang dari Hotel tersebut sudah bagus. Oleh karena itu, untuk mempertahankan posisinya sebagai
pemimpin pasar, Hotel Pertiwi hams memperbaiki strategi pemasarannya dengan
menerapkan strategi pemimpin pasar dengan menitikberatkan kepada perluasan
pasar dan mempertahankan pangsa pasarnya. Strategi ini dapat mempertahankan
posisi Hotel Pertiwi sebagai pemimpin pasar dari Hotel Melati III di Ubud Bali.
Collections
- Management [4527]