Analisis Motivasi Konsumen dalam Membeli Produk Pasta Gigi Pepsodent
Abstract
Pepsodent adalah produk pasta gigi yang paling banyak ditemui dipasaran. Dalam
hal ini peneliti mencoba untuk menganalisa motivasi konsumen dalam pembelian pasta
gigi tersebut. Motivasi yang dirasakan konsumen berhubungan dengan atribut-atribut
yang melekat pada pasta gigi pepsodent yang diproduksi oleh PT. Unilever Indonesia.
Dalam analisa tersebut digunakan tehnik Convenience sampling. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa U1I Fakultas Ekonomi yang pernah menggunakan pasta
gigi pepsodent baik laki-laki maupun perempuan yang uang kirimannya < Rp.400.000,
antara Rp.400.000 hingga Rp.800.000, dan > Rp.800.000, metode pengumpulan datanya
menggunakan metode kuisioner dan metode interview, analisa statistik dengan analisa chi
square
Ada perbedaan yang signifikan dalam analisa tersebut berdasarkan masingmasing
karaktenstik konsumen dimana perbedaan tersebut adalah bahwa konsumen
dengan jenis kelamin pria lebih termotivasi untuk memilih atribut image yang tertanam
dibenak konsumen, sedangkan berdasarkan karaktenstik uang kiriman orang tua,
konsumen dengan uang kiriman > dari Rp.800.000 lebih termotivasi untuk memilih
atribut jenis produk yangberaneka ragam dalam pembelian pasta gigi pepsodent.
Collections
- Management [4545]