Analisis Kepuasan Pelanggan di Obyek Wisata Agro Kampoeng Kopi Banaran Bawen-Semarang
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Kepuasan Pelanggan di Obyek Wisata Agro Kampoeng
Kopi Banaran. Penelitian ini dilakukan di obyek wisata agro Kampoeng Kopi Banaran,
Bawen-Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan kepuasan pelanggan
berdasarkan harapan dan kinerja dari produk yang dijual beserta jasa yang menyertainya
pada obyek wisata agro Kampoeng Kopi Banaran dan untuk menetapkan faktor-faktor
utamayang perlu diperhatikan oleh obyek wisataagro Kampoeng Kopi Banaran.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan metode kuantitatif, hal ini
bertujuan agar penelitian yang dihasilkan membuahkan hasil yang lebih akurat, sehingga
dapat dicari solusi yang tepat. Metode kuantitatif dilakukan dengan menggunakan
instrumen kuesioner, selanjutnya kuesioner ini diolah menggunakan bantuan komputer
program SPSS 10.0. Sedangkan untuk populasi yang diteliti adalah siapa saja yang
ditemui penulis di objek wisata agro Kampoeng Kopi Banaran pada saat konsumen
sedang menikmati produk yang dijual beserta jasa yang menyertainya selama Kampoeng
Kopi Banaran buka. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang.
Melalui analisis yang dilakukan, 20atribut yang ada di obyek wisata agro Kampoeng
Kopi Banaran menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kinerja dan harapan,
artinya konsumen merasa tidak puas. Tetapi pada atribut timbulnya kebanggaan karena
memilih Kampoeng Kopi Banaran sebagai tempat bersantap, kelengkapan fasilitas,
penampilan karyawan, dan karyawan bersedia memberikan informasi yang dibutuhkan
oleh konsumen dengan jelas tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kinerja
dan harapan, artinya konsumen merasa puas. Atribut yang paling memberikan kepuasan
adalah atribut kelengkapan fasilitas.
Collections
- Management [4527]