Analisis Stategi Pertumbuhan Perusahaan Rezky Abadi di Barabai Kalimantan Selatan
Abstract
Bisnisjasa perbengkelan kini semakin marak, terutama jasa spooring
dan balnacing mobil. Perusahaan Rezky Abadi merupakan salah satu
perusahaan yang terjun ke bisnis jasa spooring dan balancing. Di daerah
Hulu Sungai Tengah provinsi Kalimantan Selatan bisnis jasa spooring dan
balancing belum begitu menjamur. Perusahaan Rezky Abadi merupakan
perusahaan yang pertama membuka bengkel jasa spooring dan balancing di
daerah Hulu Sungai Tengah. Prospek peluang bisnis perbengkelan di daerah
Kalimantan Selatan terutama di daerah kabupaten - kabupaten di sekitar
Benua lima ( HST,HSS, HSU, Balangan dan Tabalong ) sangat baik, karena
daerah Benua lima merupakan daerah berkembang kaya akan potensi
sumber daya alam yang dan sedang berkembang dalam bidang
perekonomian. Hal ini memancing akan munculnya perusahaan baru dalam
bisnis perbengkelan spooring dan balancing yang menimbulkan persaingan
bisnis.
Dalam skripsi ini peneliti membahas tentang strategi apa yang harus
diterapkan oleh Perusahaan Rezky Abadi untuk bisa bertahan dan
berkembang ditengah-tengah ketatnya persaingan. Dengan judul skripsi
"Anlisis Strategi Pertumbuhan Perusahaan Rezky Abadi di Barabai
Kalimantan Selatan". Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk
menentukan posisi bisnis Perusahaan Rezky Abadi dalam menghadapi
persaingan di masa yang akan datang dan untuk menetapkan strategi
pertumbuhan yang dilakukan oleh Perusahaan Rezky Abadi. Penulis
menggunakan matriks SWOT sebagai alat analisis data dalam skripsi ini.
Hasil penelitian dari analisis tersebut menunjukan bahwa posisi bisnis
Perusahaan Rezky Abadi berada pada posisi kuadran I, dengan nilai
tetimbang indikator variabel internal terdiri dari : pangsa pasar, kualitas
produk jasa, citra produk jasa, kualitas SDM karyawan, teknologi peralatan,
promosi, kinerja manajemen perusahaan, kemampuan modal perusahaan
sebesar 0,75 dan nilai tertimbang indikator variabel eksternal terdiri dari :
besarnya pasar, lingkungan persaingan, daya beli konsumen, perkembangan
teknologi, lingkungan persaingan, pendatng baru yang potensial sebesar
0,35. Dari hasil tersebut dapat dirumuskan strategi yang tepat untuk
diterapkan oleh Perusahaan Rezky Abadi yaitu strategi pertumbuhan agresif.
Collections
- Management [4560]