Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Kantor Pajak Terhadap Kepuasan dan Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Yogya I Jalan Panembahan Senopati Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Pengaruh Kualitas jasa Kantor Pajak terhadap
Kepuasan dan Kepatuhan Wajib pajak di KPP Yogya 1 Jalan Panembahan
Senopati Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh kualitas jasa pada proses pembayaran pajak yang diberikan Dirjen Pajak
terhadap kepuasan dan kepatuhan Wajib Pajak, dengan kepuasan dan kepatuhan
sebagai variabel intervening dari variabel kualitas jasa, mengetahui adanya
perbedaan penilaian yang dominan antara tingkat kepuasan yang diberikaan
Dirjen Pajak atau Kantor Pajak dengan kepatuhan Wajib pajak, dan untuk
mengetahui adanya perbedaan penilaian tingkat kualitas jasa, kepuasan serta
kepatuhan, berdasarkan kelompok gender dan jenis Wajib Pajak.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode validitas dan
reliabilitas, hal ini bertujuan agar penelitian yang dihasilkan lebih akurat sehingga
dapat dicari solusi yang tepat. Metode deskriptif dilakukan dengan menggunakan
istrumen kuesioner selanjutnya kuesioner diolah dengan menggunakan bantuan
komputer melalui program SPSS 13. Populasi yang diteliti adalah seluruh Wajib
Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak yang terdaftar di KPP Yogya 1.
Pengambilan sampel ditentukan dengan pendekatan Convenience Sampling, yaitu
memperoleh responden WP yang mudah ditemui di salah satu KPP dan sudah
melakukan transaksi pembayaran pajak. Sampel yangdigunakan 166orang.
Analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif, analisis Jalur
(Path Analysis), analisi Regresi Linier Berganda, analisis Koefisien Determinasi
Berganda, dan Uji Kruskal Wallis.
Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji T dengan taraf Sig 5%.
Sedangkan untuk mengukur validitas dan reliabilitas dimana alat ukur dalam
penelitian ini menggunakan kuesioner, maka rumus Product Moment dan
Cronbach'sAlpha menjadi pilihan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis jalur menunjukkan
kualitas jasa berpengaruh langsung pada kepuasan dan kualitas jasa tidak
berpengaruh langsung pada kepatuhan tetapi dapat berpengaruh tidak langsung
pada kepatuhan melalui kepuasan dan kepuasan berpengaruh langsung pada
kepatuhan (sebagai variabel intervening). Berdasarkan hasil analisis dari regresi
linier berganda dapat disimpulkan bahwa dimensi reliability, responsif dan
empathy tidak memiliki pengaruh yang kuat dan nyata (signifikan) terhadap
kepuasan wajib pajak. Dimensi assurance dan tangibles memiliki pengaruh yang
kuat dan nyata (signifikan) terhadap kepuasan WP. Dimensi reliability,
responsiveness, empathy, dan tangibles tidak memiliki pengaruh yang kuat dan
nyata (signifikan) terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Untuk dimensi Assurance
memiliki pengaruh yang kuat dan nyata (signifikan) terhadap kepatuhan Wajib
Pajak. Berdasarakan uji kruskal Wallis menunjukkan tidak ada perbedaan
penilaian kualitas jasa, kepuasan dan kepatuhan Wajib Pajak berdasarkan gender
atau status Wajib Pajak.
Collections
- Management [4548]