Analisis Kepuasan Konsumen Rumah Sakit Islam Ibnu Sina, Pasaman Barat, Sumatera Barat
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Kepuasan Konsumen Rumah Sakit Islam Ibnu
Sina, pasaman Barat, Sumatera Barat. Penelitian ini di lakukan di RSI Ibnu Sina,
Pasaman Barat, Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat kepuasan konsumen setelah menerima jasa pelayanan RSI Ibnu Sina, dan
untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pengguna jasa RSI Ibnu Sina
Pasaman Barat, Sumatera Barat, berdasarkankarakteristik konsumen.
Penelitian ini dilakukan derigan analisis statistik dan analisis deskriptif.
Hal ini bertujuan agar penelitian yang dihasilkan membuahkan hasil yang lebih
akurat, sehingga dapat dieari solusi yang tepat. Analisis statistik dilakukan dengan
menggunakan instrumen kuesioner. Selanjutnya kuesioner ini diolah
menggunakan bantuan komputer dengan program SPSS 11,5. sedangkan populasi
yang diteliti adalah pasien yang melakukan rawat inap minimal dua hari dengan
jenis kelas VIP di RSI Ibnu Sina Pasaman Barat, Sumatera Barat Yang mana
sampel atau responden yang digunakan sebanyak 96 pasien. Yang terdiri dari
PNS/ TNI/ POLRI, Pegawai swasta/ wiraswasta/ petani/ Pelajar/ mahasiswa, dan
Pensiunan/ ibu rumsh tangga.
Melalui analisis yang dilakukan, secara keseluruhan pada semua atribut
yang ada di RSI Ibnu Sina Pasaman Barat, Sumatera Barat, terdapat perbedaan
yang signifikan antara kinerja dan harapan. Ini dapat terlihat pada label 4.8 yang
menunjukkan bahwa kelompok yang paling merasa tidak puas adalah pasien yang
memiliki r#kerja,an sebagai pelajar/ mahasiswa.. Terlihat p^ atribut
memperhatikan menu makanan. Artinya pada atribut ini, pasien yang memiliki
pekerjaan sebagai pelajar/ mahasiswa merasa tidak puas dengan hasil kinerja yang
diberikan oleh pihak RSI Ibnu Sina Pasaman Barat, Sumatera Barat. Sedangkan
kepuasan tertinggi terdapat pada atribut pelayanan dokter. Artinya, konsumen
merasa puas, atau kinerja diatas harapan pasien dalam menangani pasien di RSI
Ibnu Sina Pasaman Barat, Sumatera Barat.
Collections
- Management [4550]