Analisis Kepuasan Pelanggan atas Pelayanan Salon Valentine di Tasikmalaya
Abstract
Penehtian ini menggambarkan tentang kualitas pelayanan perusahaan. Pada
dasarnya kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap
tingkat kmerja yang diterima (performance) dengan tingkat kepentingan atau harapan
(importance). Bagi perusahaan kuncinya adalah menyesuaikan atau melebihi harapan
mutu jasa yang diinginkan pelanggan yang mencakup di lima dimensi pelayanan
(reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible). Sebaliknya jika
pe ayanan yang diterima lebih rendah daripada yang diharapkan, maka kualitas
pelayanan dipersepsikan buruk. Dengan demikian baik tidaknya kualitas jasa tergantung
pada kemampuan penyedia jasa dalam memenuhi harapan pelanggannya secara
konsisten sehingga kinerjaperusahaan dapat memenuhi kepuasan pelanggan
Penelitian ini mencari dimensi mana yang paling memuaskan dalam kepuasan
pelanggan serta gap antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Dari penelitian
ini juga dapat dihhat posisi perusahaan di mata pelanggannya sehingga dapat ditentukan
strategi peningkatan kualitas perusahaan untuk ke depannya.
Penelitian ini sangat bermanfaat untuk acuan bagi perusahaan jasa
khususnya yang bergerak dalam segmen pasar salon kecantikan untuk
meningkatkan kualitas pelayanannya. Manfaat lainnya adalah dapat memberikan
gambaran bagi perusahaan dalam membuat rencana dan strategi yang baik dan
terarah untuk mengelola perusahaan jasa salon kecantikan dimasa yang akan
datang secara efektif dan efisien. Lokasi penelitian pada Salon Valentine
Tasikmalaya, di Jalan Empang No.60, dan yang kedua di Jalan Taruma Nagara
No. 27 Tasikmalaya, pada Februari 2006. Sampel penelitian yang diambil melalui
metode purposive sampling dengan analisisnya menggunakan metode deskriptif
dan skor responden dan diagram kartesius. Dari hasil analisis skor responden
Salon Valentine Tasikmalaya diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kepuasan
pelanggan dan pelayanan yang telah diberikan secara umumnya pelanggan sudah
merasa puas dengan rata-rata pelayanan yang dirasakan yaitu sebesar 3,35 lebih
besar dan rata-rata pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan yaitu 3,25
Dimensi kualitas jasa yang paling memuaskan pelanggan Salon Valentine adalah
dimensi kualitas jasa emphaty.
Collections
- Management [4545]