Analisis Sikap Konsumen terhadap Perum Pegadaian Cabang Sentul Yogyakarta
Abstract
Keputusan masyarakat untuk menjadi nasabah Perum Pegadaian Cabang
Sentul Yogyakarta ditentukan oleh berbagai atribut yang melekat pada Perum
Pegadaian Cabang Sentul Yogyakarta. Atribut-atribut tersebut meliputi; produk,
tingkat bunga, keamanan barang jaminan, proses peminjaman uang, kualitas
pelayanan, dan anggapan masyarakat. Dari beberapa atribut tersebut, pengetahuan
perusahaan dalam hal ini Perum Pegadaian Cabang Sentul Yogyakarta terhadap sikap
nasabahnya dalam memanfatkan jasa/layanan yang disediakan hendaknya perlu
dilakukan secara kontinyu, untuk dapat digunakan pula untuk mengevaluasi kinerja
perusahaan (Perum Pegadaian Cabang Sentul Yogyakarta) itu sendiri. Oleh karena
itu, penulis mengangkat permasalahan tersebut kedalam penelitian ini.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut serta melihat
pentingnya strategi pemasaran di dunia perhotelan, maka penulis tertarik melakukan
penehtian untuk mengetahui sikap konsumen terhadap atribut-atribut yang
ditawarkan oleh Perum Pegadaian Cabang Sentul Yogyakarta serta untuk mengetahui
ada tidaknya perbedaan penilaian konsumen terhadap atribut-atribut tesebut jika
dilihat dari karakteristik usia dan jenis pekerjaan. Oleh karena itu, penulis tertarik
untuk melakukan penelitian dengan judul "Analisis Sikap Konsumen Terhadap
Perum Pegadaian Cabang Sentul Yogyakarta".
Yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah pada Perum Pegadaian
cabang Sentul Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah dengan analisis indeks
sikap (formulasi Fisbeins) dan Anova. Secara keseluruhan, setelah dilakukan
penehtian dengan perhitungan indeks sikap dapat disimpulkan bahwa sikap
kosnumen terhadap atribut-atribut yang ditawarkan Perum Pegadaian Cabang Sentul
Yogyakarta adalah positif. Nilai indeks sikap tertinggi terdapat pada atribut produk,
yang kedua adalah proses peminjaman uang yang mudah, yang ketiga adalah
keamanan nasabah ketika melakukan transaksi di Perum Pegadaian Cabang Sentul
Yogyakarta, yang keempat adalah keramahan dan pelayanan yang memuaskan dari
para staf dan karyawan, yang kelima adalah tingkat bunga dan yang memiliki indeks
sikap tertendah adalah anggapan masyarakat. Dan dapat diketahui juga bahwa ada
hubungan yang erat antara karakteristik konsumen, yaitu usia dan jenis pekerjaan
terhadap atribut-atribut yag ditawarkan oleh Perum Pegadaian Cabang Sentul
Yogyakarta.
Collections
- Management [4534]