Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restaurant Yogya Chicken Jalan Gejayan Pelem Kecut No. 36 B Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (I) Untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas
pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen Yogya Chicken JL Gejayan
Pelem Kecut No. 36B Yogyakarta. (2)Untuk mengetahui faktor dari dimensi kualitas
pelayanan yang paling berpengarah terhadap keputusan pembelian konsumen Yogya
Chicken JL Gejayan Pelem Kecut No. 36BYogyakarta.
Dengan hipotesis (1) Tingkat reliability yang lebib tinggi akan menyebabkan
keputusan pembelian meningkat (2) Tingkat responsiveness yang lebih tinggi akan
menyebabkan keputusan pembelian meningkat (3) Tingkat assurance yang lebih
tinggi akan menyebabkan keputusan pembelian meningkat. (4) Tingkat empathy yang
lebih tinggi akan menyebabkan keputusan pembelian meningkat (5) Tingkat
tangibles yang lebih tinggi akan menyebabkan keputusan pembelian meningkat.
Metode penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dengan
cam membagikan kuisioner. Namun kuisioner yang kembalt pada penulis dalam
keadaanbaik hanya99 responden.
Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi yang digunakan untuk
menguji hipotesis di atas, adapun hasil yang cn'dapat dari uji hipotesis adalah semua
variabel dimensi kualitas pelayanan {reliability,, responsiveness, assurance, dan
tangibles) berpengaruh searah terhadap keputusan pembelian konsumen Yogya
Chicken JL Gejayan Pelem Kecut No. 36 B Yogyakarta, namun ada satu variabel
yang tidak berpengarah searah terhadap keputusan pembelian, adapun variabel
tersebut adalah empathy, Dalam pengujian regresi yang menggunakan software SPSS
for Windows 12 terdapat juga pengujian F dan t Pengujian F digunakan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari variabel dimensi kualitas
pelayanan terhadap keputusan pembelian apabila diterapkan secara bersamaan,
adapun hasil yang didapatkan dari pengujian F ini menyatakan bahwa ada pengaruh
yang signifikan dari variabel dimensi kualitas pelayanan terhadap keputusan
pembcilan konsumen Yogya Chicken JI. Gejayan Pelem Kecut No. 36B Yogyakarta
hal mi dikarenakan nilai signifikansinya dibawah 5%. Pengujian t digunakan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan apabila variabel dimensi kualitas
pelayanan tersebut diterapkan sendiri^sendiri, dan dari hasil pengujian didapatkan
bahwa hanya variabel responsiveness yang memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen Yogya Chicken Jl. Gejayan Pelem Kecut
No. 36BYogyakarta karena nilai signi&kansinya kurang dari 5%. Sedangkan variabel
lamnya (reliability, assurance, empathy, dan tangibles) tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen Yogya Chicken Jl. Gejayan Pelem Kecut
No. 36 B Yogyakarta karena nilai signifikansinya lebih dari 5%. Penulis juga
melakokan uji reliability dengan menggunakan Cronbach Alpha dan validitas
kuisioner dengan menggunakan product moment pearson untuk membuktikan
pertanyaan dalam kuisioner yang dibagikan dapat dinyatakan valid dan reliabel,
adapun hasil yang didapat dari pengujian validitas dan reliabilitas ini adalah semua
butir pertanyaan dalam kuisioner yang digunakan dinyatakan valid dan reliabel.
Adapun koefisien korelasi yang digunakan untuk uji validitas adalah 0,3 dan alpha
untuk uji reliabilitas adalah 0,6 arunya apabila nilai koefisien dan atau nilai alphanya
di atas 0,3 dan atau 0,6 maka kuisioner dinyatakan valid dan reliabel.
Collections
- Management [4527]