Analisis Kepuasan Konsumen Menjadi Nasabah Bank BNI Tasikmalaya
Abstract
Bank BNI Tasikmalaya sebagai Bank yang mempunyai Visi Bank
nasional yang unggul dalam pelayanan dan kinerja terbaik perlu untuk
mengetahui kepuasan nasabahnya. Karena dengan mengetahui kepuasan
konsumen atau nasabahnya Bank dapat menjadikan bahan pertimbangan untuk
mengetahui sudah sejauhmana kinerja yang diberikan Bank pada Nasabahnya.
Apakah nasabah itu sudah merasakan kepuasan setelah menjadi nasabah Bank
BNI Tasikmalaya atau belum.
Data diperoleh melalui tehnik Convenience sampling dari 73 Responden
yang menjadi nasabah Bank BNI Tasikmalaya. Hipotesis yang digunakan diuji
melalui program SPSS. 10.0 yaitu dengan Uji selisih dan BedaWilcoxon untuk
mengetahui kepuasan konsumen dan Analisis Ragam Satu Arah Kruskal-Wallis
untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan atau ketidakpuasan konsumen
menurut karakteristik konsumen, dengan taraf signifikasi 5 %. Dengan hasil
sebagai berikut ada perbedaan antara kinerja dan harapan yang dirasakan oleh
konsumen atau nasabah Bank BNI Tasikmalaya. Sedangkan menurut
karakteristik konsumen tidak ada perbedaaan yang signifikan antara harapan
dan kinerja berdasarkan karakteristik konsumen.
Dari Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yaitu nasabah
merasakan cukup puas atas kinerja yang dilakukan oleh Bank BNI Tasikmalaya
namun ada baiknya tanpa mengecilkan hasil usaha yang telah dilakukan oleh
Bank BNI, Bank BNI lebih meningkatkan lagi kualitas palayanan dan
kinerjanya.
Collections
- Management [4548]