Analisis Strategi Marketing MTX dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor Merek Yamaha di CV. Sumber Baru Niaga Yogyakarta
Abstract
Marketing Mix merupakan kombinasi dari empat variabel atau kegiatan
yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yakni, produk, struktur
harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi. Keempat variabel pemasaran
tersebut dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang
diinginkannya dalam pasar sasaran, seperti yang dilakukan oleh CV. Sumber Baru
Niaga Yogyakarta. Dikarenakan begitu banyak bermunculan produk-produk
sepeda motor yang harganya lebih murah, dan adanya kemudahan fasilitas kredit
yang diberikan, maka pendorong perusahaan untuk melakukan terobosan baru
dalam usaha pemasaran produknya dengan meningkatkan marketing mix.
Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada
pengaruh antara strategi marketing mix yang dilakukan CV. Sumber Baru Niaga
Yogyakarta dengan volume penjualannya, dan juga strategi marketing mix mana
yang paling erat hubungannya dengan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan
untuk memberikan gambaran bagaimana marketing mix diimplementasikan oleh
CV. Sumber Baru Niaga Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan menggunakan
metode statistik. Sedangkan cara pengumpulan data adalah dengan menyebarkan
kuesioner terhadap 100 responden konsumen dari CV. Sumber Baru Niaga
Yogyakarta. Untuk pengolahan data menggunakan program SPSS. Metode
analisis datanya adalah uji regresi dan uji korelasi. Hasil yang diperoleh yaitu
bahwa ada pengaruh secara bersama-sama marketing mix yang meliputi produk,
harga, distribusi, dan promosi terhadap volume penjualan di CV. Sumber Baru
Niaga Yogyakarta. Sedangkan variabel promosi merupakan variabel yang
dominan mempengaruhi keputusan pembelian di CV. Sumber Baru Niaga
Yogyakarta.
CV. Sumber Baru Niaga Yogyakarta mengalami perkembangan
peningkatan volume penjualan yang signifikan, yang disebabkan peningkatan
dalam marketing mix-nya, dengan selalu memanjakan konsumen dengan berbagai
macam variasi produk, harga beli yang diusahakan terjangkau dengan fasilitas
kredit, saluran distribusi yang lancar dan lengkap, dan yang paling utama adalah
promosi yang dilakukan sangat menarik, sehingga banyak konsumen memutuskan
melakukan pembelian.
Collections
- Management [4534]