Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa di Yogyakarta dalam Membeli Pasta Gigi Pepsodent
Abstract
Kebersihan adalah sebagian dari iman. Ungkapan tersebut saat ini sudah
sangat familier bagi setiap orang. Bahkan kebersihan sudah menjadi perhatian
bagi setiap orang setiap hari. Sejak dia bangun tidur hingga terlelap sewaktu
istirahat. Hal ini dilihat dari sisi bisnis oleh para produsen produk perlengkapan
kebersihan, termasuk untuk produk pasta gigi. Pasta gigi merupakan salah satu
bentuk produk pembersih yang sangat dikenal oleh masyarakat / konsumen,
karena hampir setiap hari perlengkapan ini digunakan oleh setiap orang. Beberapa
produsen yang menciptakan produk pasata gigi ini banyak bermunculan dalam
pasar, pasta gigi dengan label khasnya sendiri-sendiri seperti: Pepsodent,
ciptadent, ritadent, close up, wardah, dan sebagainya. Dari beberapa produsen
pasta gigi tersebut menampilkan variabel-variabel yang diharapkan mampu
menarik konsumen / pasar yang dituju supaya bersedia menggunakan produk yang
ditawarkannya. Beberapa keunggulan / variabel yang ditawarkan antara lain :
harga, daya bersih, label, dan aroma.
Daerah pemasaran produk pasta gigi Pepsodent hampir tersebar diseluruh
wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan segmen yang dilayani termasuk
dikalangan mahasiswa / anak kost yang menetap di Yogyakarta. Oleh karena itu
penulis bermaksud mengetahui bagaimana pengaruh variable-variabel tersebut
terhadap keputusan mahasiswa dalam membeli pasta gigi Pepsodent karena
mahasiswa jugamerupakan bagian dari seluruh konsumen yang dilayani.
Dalam memecahkan permasalahan tersebut peneliti menggunakan
pendekatan ilmu perilaku konsumen serta analisis regresi berganda, uji secara
parsial, uji serentak, dan analisis korelasi berganda. Berdasarkan hasil kuisioner
dan wawancara yang dilakukan oleh penulis guna memperoleh data yang
dibutuhkan serta dengan pendekatan ilmu dan alat analisis tersebut dapat
diketahui bahwa ada pengaruh yang positif dari faktor harga, daya bersih, label,
kemasan, dan aroma terhadap keputusan pembelian produk pasta gigi Pepsodent
pada kalangan mahasiswa di Yogyakarta. Sedangkan dari kelima faktor tersebut,
faktor harga merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnya pada
pembentukan keputusan pembelian pada mahasiswa dalam membeli produk pasta
gigi Pepsodent.
Collections
- Management [4545]