Analisis Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Handphone Nokia (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta)
Abstract
Dewasa ini kebutuhan manusia akan handphone sebagai sarana untuk
komunikasi semakin tinggi, itu terbukti dengan semakin meningkatnya volume
penjualan berbagai merek handphone di negara kita. Persaingan dalam produksi
handphone-handphone berteknologi canggih pun sangat ramai di pasar, sehingga
dalam memilih suatu produk seorang konsumen pasti melakukannya dengan
pertimbangan-pertimbangan tertentu. Salah satunya dengan pemilihan merek.
Merek yang kuat memiliki tempat di benak konsumen. Pihak Nokia sebagai
produsen telepon seluler terbesar di Indonesia tidak mau kalah bersaing, maka
mereka juga mengeluarkan berbagai handphone berfitur canggih dengan harga
yang bervariatif. Selain kualitas produk yang selalu diutamakan, sistem
pemasaran produk juga diperhatikan tidak terkecuali ekuitas merek dari Nokia.
Oleh karena itu penulis ingin mengetahui apakah variabel-variabel ekuitas merek
(brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty)
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap handphone merek
Nokia baik secara parsial maupun bersama-sama, serta variabel manakah yang
paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap handphone
merek Nokia. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan
menganalisis data dengan menggunakan metode regresi linier berganda, korelasi
berganda dan korelasi parsial, yang dibantu dengan SPSS maka diperoleh hasil
bahwa variabel-variabel ekuitas merek (brand awareness, brand association,
perceived quality, dan brand loyalty) secara individu dan bersama-sama
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian handphone
merek Nokia. Kesimpulan yang kedua variabel kesadaran merek (brand
awareness) merupakan variabel yang paling mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen terhadap handphone merek Nokia.
Collections
- Management [4527]