Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Jasa "Nusantara Tour Jawa-Bali"
Abstract
P.O Nusantara Kudus adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang
traveling. Untuk menjalankan usahanya dan menjaga agar pelanggan tetap setia,
maka P.O Nusantara perlu meningkatkan kinerja sehingga pelanggan merasa puas.'
Permasalahan dalam penilitian ini adalah Bagaimana tingkat kesesuaian antara
kepentingan / harapan unsur-unsur pelayanan menurut pelanggan dengan kinerja
kualitas pelayanan Nusantara Tour Jawa Bali, Faktor apa saja yang perlu diperbaiki
terhadap kualiatas jasa Nusantara Tour Jawa Bali, Apakah ada perbedaan faktorfaktor
kualitas jasaNusantara Tour Jawa Bali berdasarkan karakteristik konsumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah populasi dan sampel. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan metode Kuesioner dan Wawancara. Untuk
mengukur sah dan tidaknya peneltitian diperlukan alat ukur uji validitas dan uji
reliabilitas, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskrptif dan
analisis statistik. Perhitungan analisis statistic menggunakan analisis tingkat
kesesuaian, diagram cartesius dan analisis ragam satu arah kruskal wallis.
Hasil penelitian tingkat konsumen pengguna jasa "Nusantara Tour Jawa-
Bali" secara keseluruhan belum merasa puas oleh karena itu saran dari penulis
antara lain adalah dengan menyediakan kotak saran, meningkatkan lagi kualitas
pelayanan para karyawan melalui pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan
kinerja mereka sehari-hari.
Collections
- Management [4703]