Analisis Pengaruh Brand Image dan Product Features Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro (Studi Kasus di Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta)
Abstract
AFTA sudah di depan mata. Para pelaku bisnis pun memasuki era baru
persaingan yang tidak semata-mata membutuhkan pengetahuan dan keterampilan,
tetapi juga kebijaksanaan untuk memenangkan keputusan konsumen. Pemahaman
mengenai merek dan pemasarannya sangatlah penting dalam pemahaman
masyarakat industrial yang moderen. Merek-merek memenuhi kebutuhan
konsumen akan produk, yang memberi fungsi jelas secara konsisten, dan
menawarkan sesuatu yang lain daripada yang lain pada situasi persaingan terbuka.
Pemasaran berawal dari pengertian kebutuhan konsumen secara fungsional dan
psikologikal. Mereka mengemas semua itu semua ke dalam sebuah merek, dan
mengkonsumsinya di pasar.
Penelitian ini menguji pengaruh brand image dan product features
terhadap keputusan pembelian produk minuman Teh Botol Sosro. Dalam
menganalisa data yang diperoleh dilapangan, digunakan beberapa alat analisis
seperti Analisis Regresi dan Analisis Korelasi (Koefisien Determinasi). Dalam
pengolahannya, digunakan program komputer serf statistik SPSS 11.0 for
Windows. Penelitian tentang perilaku konsumen ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh brand image ten productfeatures terhadap keputusan
pembelian produk Teh Botol Sosro. Serta pengaruh manakah yang paling
dominan dalam mempengaruhi keputusan pembeliannya.
Hasil penelitian atas pengujian dan analisis regresi dan korelasi dapat
diketahui bahwa brand image dan product features mempunyai pengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian, dan product features menjadi faktor
paling besar dalam penentuan keputusan pembelian teh botol sosro
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perusahaan teh botol sosro perlu
terns mempertahankan dimensi fisik produknya, walaupun citra merek juga harus
ditingkatkan, dengan tetap memantaunya, agar cepat merespon atas perubahan
yang terjadi.
Collections
- Management [4548]