Pengaruh Rasio Keuangan (PER, DER, NPM, PBV) terhadap Proporsi Kepemilikan Saham Asing pada Perusahaan Manufaktur di BEJ
Abstract
Penehtian ini merupakan penelitian yang dilakukan terhadap 49
perusahaan manufaktur yang mempunyai kepemilikan asing yang tercatat di Bursa
Efek Jakarta pada tahun 2002. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah terdapat hubungan secara simultan dan parsial dari masingmasing
faktor yang diteliti (PER, DER, NPM, PBV) terhadap proporsi
kepemilikan saham asing di BEJ. Rasio keuangan merupakan salah satu informasi
yang berharga bagi investor untuk melakukan analisis saham dan untuk
memprediksi kekuatan keuangan perusahaan di masa yang akan datang.
Pengujian dalam penehtian ini menggunakan model analisis regresi linear
dimana model regresi linear merupakan analisis yang digunakan untuk
menunjukkan bagaimana sifat dari hubungan antar variabel yang diteliti. Dengan
demikian dapat dilakukan analisis bagaimana pengaruh rasio keuangan (sebagai
variabel independen) terhadap proporsi kepemilikan saham asing (sebagai
variabel dependen).
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa secara simultan dan parsial
semua variabel mdependen yang digunakan mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap proporsi kepemilikan saham asing. Namun arah koefisien DER dan PBV
bertentangan dengan hipotesis awal. Meskipun DER tinggi tapi perusahaan
tersebut mempunyai nilai kas yang cukup untuk membayar hutangnya, sehingga
hal mi dapat menarik investor untuk menanamkan sahamnya pada perusahaan
tersebut. Investor juga tidak menitik beratkan pada nilai buku perusahaan tetapi
lebih cenderung ke prospek perusahaan yang bisa dilihat dari kinerja manajemen
yang bagus. Sehingga arah PBV yang bertentangan dengan hipotesis awal tidak
begitu bermasalah. Dengan demikian hanya arah koefisien PER dan NPM yang
sesuai dengan hipotesis awal. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa
investor asmg lebih tertarik dengan PER dan NPM untuk melakukan analisis
saham. Hal mi dikarenakan PER sebagai indikator keuntungan dari pasar dan
NPM merupakan indikator dari kinerja manajemen yang berkaitan dengan total
penjualan yang dilakukan.
Collections
- Management [4574]