Show simple item record

dc.contributor.advisorSuwarsono Muhammad
dc.contributor.authorPoetri Arienditasari
dc.date.accessioned2020-12-11T02:49:30Z
dc.date.available2020-12-11T02:49:30Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/25795
dc.description.abstractSeiring dengan perkembangan perekonomian, globalisasi, majunya teknologi informasi dan komunikasi, maka dunia usaha harus berpacu untuk menyesuaikan dan mengikuti perkembangan tersebut agar dapat bertahan dan berhasil menghadapi persaingan. Perubahan pola persaingan global memerlukan analisis terhadap segala kekuatan yang mempengaruhi perusahaan secara berkesinambungan. Bisnis dan strategi pemasaran pun perlu diubah untuk memperoleh peluang-peluang serta menghadapi ancaman. Dominasi pembeli, perubahan teknologi yang cepat, persaingan global yang gencar, deregulasi, dan perubahan sosial menimbulkan tantangan dan peluang yang baru dalam pelaksanaan bisnis. CV. Mega Jaya Teknik Semarang, Jawa Tengah sebagai usaha yang bergerak dibidang teknologi, khususnya di bidang alat elektronik publik yaitu memproduksi mesin antrian elektronik, papan kurs, dan timbangan elektronik, tentunya tidak terlepas dari pengaruh persaingan global tersebut sehingga memerlukan suatu strategi bisnis yaitu strategi bersaing yang digunakan oleh perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya yang kemudian akan diformulasikan menjadi strategi pemasaran. Berdasarkan latar belakang diatas maka dalam studi ini penulis mengambil judul : "Analisis Strategi Pemasaran CV. Mega Jaya Teknik Semarang, Jawa Tengah." Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan posisi bisnis CV. Mega Jaya Teknik, Semarang, Jawa Tengah dan memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang sesuai bagi perusahaan dimasa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuisioner dan wawancara yang diambil dari 5 orang responden. Data diperoleh dari hasiljawaban kuisioner danjuga informasi dari perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Analisis SWOT ini menunjukkan posisi perusahaan saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Mega Jaya Teknik Semarang, Jawa Tengah berada pada posisi kuadran I, implikasi strategi yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan menggunakan strategi S-O yaitu menciptakan strategi yang menggunakankekuatan untuk memanfaatkan peluang. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah mempertahankan dan meningkatkan harga produk, proses produksi, kualitas dan performance produk, pelatihan karyawan, system pemasaran, riset dan pengembangan, dan jasa pemeliharaan {maintenance). Dan yang menjadi peluang bagi perusahaan, yaitu : pertumbuhan pasar, permintaan pasar, pemasok bahan baku, perkembangan teknologi, kebijakan pemerintah. Saran dari penulis untuk perusahaan adalah perusahaan dapat mencoba untuk memperluas pangsa pasar, melakukan diversifikasi pasar,mengembangkan produk baru seperti alat informasi cuaca, petunjuk suhu udara, tingkat polusi sampai dengan papan informasi publik yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah untuk memberikan berita, pengumuman, dan Iain-lain kepada masyarakat.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Strategi Pemasaranen_US
dc.subjectCV. Mega Jaya Teknik Semarang Jawa Tengahen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran CV. Mega Jaya Teknik Semarang Jawa Tengahen_US
dc.Identifier.NIM02311026


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record