Analisis Strategi Pemasaran CV. Mega Jaya Teknik Semarang Jawa Tengah
Abstract
Seiring dengan perkembangan perekonomian, globalisasi, majunya teknologi
informasi dan komunikasi, maka dunia usaha harus berpacu untuk menyesuaikan dan
mengikuti perkembangan tersebut agar dapat bertahan dan berhasil menghadapi
persaingan. Perubahan pola persaingan global memerlukan analisis terhadap segala
kekuatan yang mempengaruhi perusahaan secara berkesinambungan. Bisnis dan
strategi pemasaran pun perlu diubah untuk memperoleh peluang-peluang serta
menghadapi ancaman. Dominasi pembeli, perubahan teknologi yang cepat,
persaingan global yang gencar, deregulasi, dan perubahan sosial menimbulkan
tantangan dan peluang yang baru dalam pelaksanaan bisnis.
CV. Mega Jaya Teknik Semarang, Jawa Tengah sebagai usaha yang bergerak
dibidang teknologi, khususnya di bidang alat elektronik publik yaitu memproduksi
mesin antrian elektronik, papan kurs, dan timbangan elektronik, tentunya tidak
terlepas dari pengaruh persaingan global tersebut sehingga memerlukan suatu
strategi bisnis yaitu strategi bersaing yang digunakan oleh perusahaan dalam
menjalankan kegiatan usahanya yang kemudian akan diformulasikan menjadi
strategi pemasaran.
Berdasarkan latar belakang diatas maka dalam studi ini penulis mengambil
judul : "Analisis Strategi Pemasaran CV. Mega Jaya Teknik Semarang, Jawa
Tengah." Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan posisi bisnis CV. Mega
Jaya Teknik, Semarang, Jawa Tengah dan memberikan rekomendasi strategi
pemasaran yang sesuai bagi perusahaan dimasa yang akan datang.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuisioner dan wawancara yang
diambil dari 5 orang responden. Data diperoleh dari hasiljawaban kuisioner danjuga
informasi dari perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT.
Analisis SWOT ini menunjukkan posisi perusahaan saat ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Mega Jaya Teknik Semarang, Jawa
Tengah berada pada posisi kuadran I, implikasi strategi yang dapat dilakukan
perusahaan adalah dengan menggunakan strategi S-O yaitu menciptakan strategi
yang menggunakankekuatan untuk memanfaatkan peluang.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah mempertahankan dan
meningkatkan harga produk, proses produksi, kualitas dan performance produk,
pelatihan karyawan, system pemasaran, riset dan pengembangan, dan jasa
pemeliharaan {maintenance). Dan yang menjadi peluang bagi perusahaan, yaitu :
pertumbuhan pasar, permintaan pasar, pemasok bahan baku, perkembangan
teknologi, kebijakan pemerintah.
Saran dari penulis untuk perusahaan adalah perusahaan dapat mencoba untuk
memperluas pangsa pasar, melakukan diversifikasi pasar,mengembangkan produk
baru seperti alat informasi cuaca, petunjuk suhu udara, tingkat polusi sampai dengan
papan informasi publik yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah untuk
memberikan berita, pengumuman, dan Iain-lain kepada masyarakat.
Collections
- Management [4546]