Analisis Kepuasan Konsumen Warnet Ciwawa di Condong Catur
Abstract
Skripsi ini berjudui Anaiisis Kepuasan Konsumen warnet ciwawa ai conaon^
Catur. Penelitian dilakukan di Warnet Ciwawa yang terletak di jalan Pawirokuat no 38
Condong Catur Sleman Yogyakarta.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat kepuasan konsumen setelah menerima jasa pelayanan Warnet Ciwawa dan untuk
mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pengguna jasa warnet Ciwawa berdasar
karakteristik konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan metode
statistik. Hal ini bertujuan agar penelitian yang dihasilkan lebih akurat, sehingga dapat
dicari solusi yang tepat. Metode deskriptif dilakukan dengan menggunakan instrumen
kuesioner, selanjutnya kuesioner diolah menggunakan bantuan komputer melalui
program SPSS versi 11.5.
Populasi yang diteliti adalah konsumen Warnet Ciwawa sesaat setelah
menggunakan jasa warnet Ciwawa. Sampel yang digunakan 96 orang. Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Metode statistik yang
digunakan adalah ujiperingkat bertanda Wilcoxon dan uji beda jenjang Kruskall Wallis.
Berdasarkan hasil uji Wilcoxon dari 15 atribut yang ditawarkan warnet Ciwawa
terdapat tiga atribut yang terbukti secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya
nilai kinerja pada ketiga atribut tersebut tidak berbeda secara signifikan dengan harapan
konsumen. Kepuasan tertinggi ada pada atribut kecepatan akses dengan gap sebesar 0,73
sedangkan kepuasan terendah terjadi pada atribut karyawan berpenampilan rapi dengan
gap sebesar 0,08. Pada pengujian Kruskall Wallis terdapat empat atribut yang
menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kepuasan konsumen berdasarkan
karakteristik konsumen.
Collections
- Management [4545]