Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan pada Produk Air Mineral AQUA Dengan Menggunakan Consumer Decision Model (CDM) (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta)
Abstract
FITRI YULIANTI, 2006. Iklan merupakan salah satu instrumen
pemasaran modern yang aktivitasnya didasarkan pada konsep komunikasi.
Karena merupakan bentuk komunikasi maka keberhasilannya dalam mendukung
program pemasaran merupakan pencerminan dari keberhasilan komunikasi.
Consumer Decision Model merupakan salah satu model yang dapat digunakan
untuk menganalisis efektivitas iklan, terdiri dari 6(enam) variabel yang saling
berhubungan, yaitu: Pesan Iklan, Pengenalan Merek, Keyakinan Konsumen,
Sikap konsumen, Niat beli dan Pembelian Hal tersebut yang membuat
ketertarikan penulis untuk melakukan penelitian. Penelitian ini mengambil judul
"Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan Pada Produk Air Mineral AQUA dengan
Menggunakan Consumer Decision Model (CDM) di Fakultas Ekonomi
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta".
Penelitianini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan
iklan, pengenalan merek, keyakinan konsumen, sikap konsumen terhadap niat
beli serta untuk mengetahui variabel mana yang akan menjadi variabel antara.
Data primerdiperoleh dari kuesioner yang mengikutsertakan 100 responden yaitu
mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Dalam penelitian ini penulis mengungkap permasalahan tersebut dengan
menggunakan analisis Regresi linier sederhana serta pengolahan data yang
diperoleh melalui responden. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh langsung yang signifikan diantara variabel tersebut.
Disamping itu, diketahui pula bahwa keyakinan konsumen, sikap konsumen dan
pengenalan merek merupakan variabel aritara yang dapat memperkuat pengaruh
pesan iklan terhadap niat beli.
Collections
- Management [4560]