Analisis Minat Beli Konsumen terhadap Produk Pelumas Mesin "Top One Oil" di Kota Yogyakarta Berdasarkan Teori Tindakan Beralasan
Abstract
Pembangunan ekonomi yang semakin berkembang membawa dampak
yang positif berupa pemerataan disegala bidang. Perlu diketahui bahwa
perusahaan itu tidak bisa mengendalikan perilaku konsumen sehingga kita perlu
mengetahui dengan jelas mengenai sikap konsumen terlebih dahulu baik ketika
konsumen tersebut mendapatkan sampai dengan menggunakan produk tersebut.
Jika dilihat dalam keadaan pasar dapat kita ketahui pula bahwa kebutuhan untuk
memperoleh produk pelumas mesin mesin sangat banyak tersedia dimasyarakat
dengan berbagai harga, kualitas, kemasan dan Iain-lain. Dari berbagai pelumas
mesin yang ada, penulis akan mengambil ruang lingkup yang lebih kecil yaitu
pelumas mesin "Top One Oil". Melihat perkembangan produk pelumas mesin
"Top One Oil" di Kota Yogyakarta mendorong penulis untuk mengetahui
bagaimana minat konsumen dilihat dari variabel sikap konsumen dan adanya
peran norma subyektif terhadap produk pelumas mesin "Top One Oil" di Kota
Yogyakarta dengan menggunakan aplikasi teori tindakan beralasan.
Dalam penelitian ini penulis akan mengukur sikap konsumen terhadap
pelumas mesin "Top One Oil" di Kota Yogyakarta dan menjelaskan bagaimana
sikap dan norma subyektif mempengaruhi minat beli konsumen dalam
perilakunya membeli pelumas mesin "Top One Oil" di Kota Yogyakarta. Penulis
juga akan mengetahui perbedaan sikap konsumen dalam membeli pelumas mesin
"Top One Oil" di Kota Yogyakarta berdasarkan karakteristik konsumen.
Dalam penelitian ini yang dijadikan kriteria adalah konsumen di Kota
Yogyakarta yang menggunakan pelumas mesin "Top One Oil". Penelitian ini
populasi tidak diketahui maka dengan menggunakan rumus populasi tidak
diketahui diperoleh sampel sebesar 96 orang. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalahjudgment sampling.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian iniadalah analisis deskriptif
yang meliputi uji validitas dan reliabilitas dan analisis statistika yaitu analisis
regresi linier berganda dan analisis kruskal wallis.
Dari hasil analisis regresi linier berganda, sikap dan norma subyektif baik
secara simultan maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
minat beli konsumen pelumas mesin "Top One Oil" di Kota Yogyakarta, terbukti
dengan probabilitas signifikansi fhitung dan probabilitas signifikansi thitung untuk
semua variabel mempunyai nilai lebih kecil dari 0.05. Berdasarkan determinasi
koefisien parsial sikap mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap minat
beli produk pelumas mesin "Top One Oil" di Kota Yogyakarta. Berdasarkan hasil
dari analisis Kruskal wallis, tidak terdapat perbedaan sikap konsumen terhadap
atribut pelumas mesin "Top One Oil" di Kota Yogyakarta berdasarkan jenis
kelamin. Sedangkan berdasarkan usia, tingkat pendidikan, pekerjaan dan tingkat
pendapatan terdapat perbedaan.
Collections
- Management [4548]