Analisis Sikap Konsumen dalam Membeli Sepeda Motor Merek Honda Supra X 125 di Kota Magelang
Abstract
Latar belakang yang menjadi permasalahan dalam skripsi disini adalah bagaimana
sikap konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda Supra X 125, apakah
terdapat perbedaan sikap konsumen ditinjau dari tingkat usia, jenis kelamin dan tingkat
pengeluaran terhadap produk Honda Supra X 125 dan variabel apa yang paling dominan
terhadap pembentukan sikap konsumen terhadap sepeda motor merek Honda Supra X
125. Tujuan Penelitian Untuk mendapatkan sikap konsumen dalam membeli sepeda
motor merek Honda Supra X 125, Untuk mendapatkan perbedaan sikap konsumen
ditinjau dari usia, jenis kelamin dan tingkat pengeluaran dan untuk mengetahui variabel
apa yang paling dominan terhadap pembentukan sikap konsumen terhadap sepeda motor
merek Honda Supra X 125.
Metode Penelitiannya adalah menggunakan populasi dan sampel. Dalam penelitian
ini ditentukan populasinya adalah pemakai motor Honda Supra X 125 yangberdomisili di
kota Magelang. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah Convenience Sampling.
Metode ini dilakukan dengan mencari dan memberikan angket untuk diisi, kepada siapa
saja yang dapat mewakili populasi (orang yang memakai motor Honda Supra X 125
dikota Magelang. Dengan sampel 96 responden
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian seperti yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu berdasarkan karakteristik konsumen
yang menggunakan sepeda motor Honda Supra X 125 di Kota Magelang sebagian besar
konsumen adalah wanita yaitu sebesar 66,7%, berusia muda yaitu antara 20 - 25 tahun
sebesar 45,8%, dan memiliki pengeluaran per bulan antara Rp.1.000.000 - 2.000.000
rupiah yaitu sebesar 41,7%. Hal ini menunjukkan bahwa profil konsumen yang
menggunakan produk sepeda motor Honda Supra X 125 di kota Magelang merupakan
usia produktif, dengan tingkat pengeluaran yang cukup, sehingga merupakan segmen
pasar yang tepat dalam memasarkan produk sepeda motor Honda Supra X 125 di kota
Magelang.
Berdasarkan Analisis Fishbein dapat disimpulkan bahwa Sikap konsumen terhadap
atribut yang ditawarkan oleh produk sepeda motor Honda Supra X 125 adalah baik.
Sedangkan atribut yang memberikan sikap tertinggi adalah atribut kualitas. Selanjutnya
diikuti oleh atribut layanan purna jual, warna, desain, ruang bagasi, kemudahan suku
cadang dan harga.
Dalam pengujian hipotesis disimpulkan bahwa berdasarkan jenis kelamin terdapat
perbedaan yang sikap konsumen terhadap atribut harga dan ruang bagasi pada Sepeda
motor Honda Supra X 125 di Kota Magelang. Usia pada atribut desain, warna dan ruang
bagasi terdapat perbedaan sikap konsumen pada pengguna sepeda motor Honda Supra X
125 di Kota Magelang. Hal ini berarti konsumen yang berusia muda akan berbeda
sikapnya pada desain, warna dan ruang bagasi yang ada dibandingkan dengan responden
yang berusia tua. Pada pengeluaran per bulan pada atribut harga terdapat perbedaan yang
signifikan pada pengguna sepeda motor Honda Supra X 125 di Kota Magelang. Hal ini
berarti responden yang memiliki pengeluaran per bulan berbeda akan memberikan sikap
yang berbeda pula terhadap atribut harga.
Collections
- Management [4703]