Analisa Kepuasan Konsumen Pemakai Sepeda Motor Kawasaki Dalam Menggunakan Pelayanan Jasa Bengkel PT. Sumber Buana Motor Kawasaki Cabang Yogyakarta
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan riset dan teknologi yang terjadi sangat pesat
di Indonesia saat ini memunculkan pertumbuhan di bidang usaha dan salah satu
potensi yang dapat dimunculkan adalah pendirian usaha pelayanan jasa bengkel.
Peranan konsumen sangat penting dalam menentukkan masa depan perusahaan untuk
itu perusahaan dapat memberikan pelayanan yang terbaik agar kepuasan konsumen
tercapai.
Metode Analisis yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah
analisis tingkat perbedaan (Gap) dan diagram kartesius. Sampel yang diambil
sebagai responden adalah pelanggan yang menggunakan pelayanan jasa bengkel PT.
Sumber Buana Motor Kawasaki Cabang Yogyakarta.
Dari penelitian yang telah dilakukan, mayoritas tingkat pendidikan responden
adalah akademi atau perguruan tinggi dan responden bekerja sebagai pegawai negeri
atau karyawan swasta. Secara keseluruhan rata-rata gap sebesar -0.28 artinya
harapan konsumen atas kinerja pada jasa bengkel PT. Sumber Buana Motor
Yogyakarta belum terpenuhi. Tingkat kepuasan konsumen tertinggi adalah pada
dimensi emphaty, dimensi yang perlu diprioritaskan atau diperbarui adalah dimensi
tangible, reliability, responsiveness, dan assurance. Oleh karena itu Bengkel
Kawasaki PT. Sumber Buana Motor Cabang Yogyakarta harus meningkatkan
kinerjanya pada dimensi-dimensi tersebut agar kepuasan konsumen tercapai.
Saran ditujukan sebagai bahan pertimbangan pihak bengkel untuk melakukan
upaya apa saja yang perlu dipertahankan atau diperbaiki sehingga dapat memberikan
pelayanan yang lebih baik dibandingkan pesaingnya dan bahkan dapat merebut
Konsumen pesaing.
Collections
- Management [4527]