Analisis Kepuasan Terhadap Siswa Yang Menjadi Konsumen Lia Di Gejayan Ditinjau Dari Dimensi Kualitas Jasa
Abstract
Dewasa ini perkembangan diberbagai sektor usaha sangat pesat, demikian juga
halnya didalam dunia pendidikan yang perananya sangat penting bagi dunia pendidikan
dan masa depan anak bangsa. Mengingat akan pentingnya kepuasan yang akan diberikan
oleh lembaga LIA khususnya didunia pendidikan maka untuk itu penulis melakukan
penelitian dengan judul " Analisis Kepuasan Terhadap Siswa Yang Menjadi Konsumen
LIA di Gejayan Ditinjau Dari Dimensi Kualitas Jasa ".
Untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka sampel yang
digunakan adalah secara convenience sampling atau penarikan sampel melihat
pengukuran atau observasi yang paling mudah dilakukan, oleh karena itu peneliti
mendapatkannya dengan cara survey sebesar % responden. dengan menggunakan
instrument kuesioner yang diperkuat dengan pernyataan studi pustaka dan alat analisis
yang digunakan adalah metode importance - performance analysis karena untuk
mengetahui antara kinerja karyawan dan harapan siswa/siswi apakah sudah sesuai dengan
harapan konsumen ataubelum yang didukung dengan uji validitas dan reliabilitas untuk
memperkuat hasilnya.
Berdasarkan hasil penelitian, maka didapat kesimpulan bahwa secara keseluruhan
kualitas pelayanan yang diberikan oleh LBPP LIA belum sepenuhnya memberikan
kepuasan bagi harapan konsumen hal ini ditunjukkan oleh 5 dimensi kinerja yaitu
Responsiveness, Tangible, Emphaty, Assurance, dan Reliability hanya saja item - item
tertentu yang hampir mencapai kepuasan tertinggi misalnya saja seperti pada dimensi
emphaty dimana : kemampuan karyawan dalam menganalisis masalah dan kemampuan
karyawan menjelaskan proses belajar sebesar 99% dan 92,3% dimensi tangibles dimana
: item ruang tunggu yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap sebesar 93,6% dimensi
assurance dimana : keramahan karyawan membuat aman dan merasa aman terhadap
kendaraan yang diparkir sebesar 93,3% dan 90,7% dimensi responsiveness dimana :
pada item membuat proses pendaftaran yang mudah dengan tingkat 88%. Dengan
demikian strategi yang dilakukan oleh LIA yaitu harus memberikan perhatian dan
pengelolaan yang serius pada kelima variable diatas.
Collections
- Management [4548]