Show simple item record

dc.contributor.advisorAl Hasin
dc.contributor.authorBagus Sihono
dc.date.accessioned2020-12-03T03:28:32Z
dc.date.available2020-12-03T03:28:32Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/25621
dc.description.abstractBesarnya peluang bisnis yang tercipta dari kawasan industri Cilacap banyak mengundang para pelaku bisnis baik dari dalam maupun luar daerah hingga dari luar negeri. Tentu saja hal ini akan membawa berbagai dampak terhadap kelangsungan bisnis yang telah ada, bahkan dapat menjadi ancaman karena akan menggerogoti potensi serta pangsapasar para pelaku bisnisyang ada. PT. Samijaya adalah sebuah perusahaan di Cilacap yang bergerak dibidang percetakan dan offset. Untuk dapat terus tumbuh dan bertahan dalam persaingan tesebut, percetakan Samijaya harus menetapkan tujuan yang ingin dicapai dan untuk dapat mencapai tujuannya, manajemen PT. Samijaya perlu memperhatikan perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnisnya yang merupakan faktor eksternal disamping faktor internal perusahaan. Dari faktor eksternal akan timbul peluang (opportunity) dan ancaman (threat), sedangkan dari penguasaan faktor internal akan dapat diketahui kekuatan {strength) dan kelemahan (weaknesess) yang semuanya itu akan sangat membantu manajemen perusahaan dalam menentukan perencanaan strategisnya secara tepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi perusahaan yang kemudian digunakan untuk menentukan posisi bisnis perusahaan serta penentuan alternatif strategi yang dapat digunakan oleh percetakan Samijaya Cilacap. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, kuesioner dan studi pustaka. Alat analisis yang digunakan adalah matriks 9 sel yang dipakai untuk menentukan posisi bisnis dan alternatif strateginya disamping itu analisa data juga dilakukan dengan menggunakan matrik SWOT, sehingga dapat dirumuskan strategi alternatif yang lebih detail dan jelas yang didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman. Menurut hasil penelitian diketahui posisi bisnis percetakan Samijaya terletak pada sel/kuadran no 5 yaitu pada sel pertumbuhan dan stabilitas yang memberikan alternatif strategi pertumbuhandenganberkonsentrasi pada industriyang sekarang melalui integrasi horizontal dan strategi stabilitas tidak berubah atau laba. Hal ini menandakan bahwa perusahaan berada dalam industri yang memiliki daya tank sedang dengan kekuatan bisnis atau posisi kompetitif perusahaan yang rata-rata. Sekalipun tidak menjanjikan peluang dan perkembangan yang luar biasa, percetakan Samijaya memiliki peluang untuk berkembang, khususnya apabila dilihat dari kemungkinan peningkatan kekuatan yang dimilikinya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Pertumbuhanen_US
dc.subjectPercetakan Samijaya Cilacap - Jawa Tengahen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pertumbuhan Pada Percetakan Samijaya Cilacap - Jawa Tengahen_US
dc.Identifier.NIM00311075


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record