Analisis Strategi Pertumbuhan Pada Percetakan Samijaya Cilacap - Jawa Tengah
Abstract
Besarnya peluang bisnis yang tercipta dari kawasan industri Cilacap banyak
mengundang para pelaku bisnis baik dari dalam maupun luar daerah hingga dari
luar negeri. Tentu saja hal ini akan membawa berbagai dampak terhadap
kelangsungan bisnis yang telah ada, bahkan dapat menjadi ancaman karena akan
menggerogoti potensi serta pangsapasar para pelaku bisnisyang ada.
PT. Samijaya adalah sebuah perusahaan di Cilacap yang bergerak dibidang
percetakan dan offset. Untuk dapat terus tumbuh dan bertahan dalam persaingan
tesebut, percetakan Samijaya harus menetapkan tujuan yang ingin dicapai dan
untuk dapat mencapai tujuannya, manajemen PT. Samijaya perlu memperhatikan
perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnisnya yang merupakan faktor
eksternal disamping faktor internal perusahaan. Dari faktor eksternal akan timbul
peluang (opportunity) dan ancaman (threat), sedangkan dari penguasaan faktor
internal akan dapat diketahui kekuatan {strength) dan kelemahan (weaknesess)
yang semuanya itu akan sangat membantu manajemen perusahaan dalam
menentukan perencanaan strategisnya secara tepat dan akurat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman yang dihadapi perusahaan yang kemudian digunakan untuk menentukan
posisi bisnis perusahaan serta penentuan alternatif strategi yang dapat digunakan
oleh percetakan Samijaya Cilacap.
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan,
kuesioner dan studi pustaka. Alat analisis yang digunakan adalah matriks 9 sel
yang dipakai untuk menentukan posisi bisnis dan alternatif strateginya disamping
itu analisa data juga dilakukan dengan menggunakan matrik SWOT, sehingga
dapat dirumuskan strategi alternatif yang lebih detail dan jelas yang didasarkan
pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang namun secara
bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman.
Menurut hasil penelitian diketahui posisi bisnis percetakan Samijaya terletak
pada sel/kuadran no 5 yaitu pada sel pertumbuhan dan stabilitas yang memberikan
alternatif strategi pertumbuhandenganberkonsentrasi pada industriyang sekarang
melalui integrasi horizontal dan strategi stabilitas tidak berubah atau laba. Hal ini
menandakan bahwa perusahaan berada dalam industri yang memiliki daya tank
sedang dengan kekuatan bisnis atau posisi kompetitif perusahaan yang rata-rata.
Sekalipun tidak menjanjikan peluang dan perkembangan yang luar biasa,
percetakan Samijaya memiliki peluang untuk berkembang, khususnya apabila
dilihat dari kemungkinan peningkatan kekuatan yang dimilikinya.
Collections
- Management [4527]