Analisis Sikap Konsumen dalam Menggunakan Jasa Kereta Api Argo Wilis
Abstract
Analisis Sikap Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Kereta Api Argo
Wilis sangatlah penting bagi pemsahaan jasa, karena biasanya konsumen terljbat
langsung dalam proses tersebut. Seperti halnya yang terjadi pada Pemsahaan
Umum Kereta Api (Perumka) dewasa ini. Pada saat sekarang ini perhatian
masyarakat mengenai transportasi mengalami peningkatan. Mereka menuntut
kualitas pelayanan tidak hanya pada saat di dalam kereta api saja, tetapi jugapada
proses yang mencakup pelayanan pada saat pembelian tiket hingga sampai ke
tempat tujuan. Maka dengan keadaan yang demikian pihak Perumka hams lebih
memperhatikan aspek kepuasan bagi para pemakai jasanya, dengan cara
memberikan pelayananyang berkualitas baik dalam penampilan fisik maupun non
fisik untuk dapat bersaing dengan pemsahaan jasa transportasi lainnya baik
transportasi darat, laut maupun udara gunamendapatkan pelanggan yangloyal.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis merumuskan
yang menjadi pokok permasalahannya yaitu apakah factor atribut keyakunan dan
evaluasi yang terdiri dari harga, keramahan, kecepatan, restoran, toilet,
kenyamanan, kebersihan, keamanan,ketepatan waktu dan makanan berpengaruh
secara signifikan terhadap sikap konsumen dalam menggunakan jasa kereta api
argo wilis.
Data penelitian ini diperoleh dengan cara convenience sampling pada 100
responden yang sedang menggunakan jasa kereta api argo wilis. Hipotesis diuji
dengan menggunakan uji-t dan uji-f untuk analisis regresi dan uji beda jenjang
kruskal-wallis. Hipotesis-hipotesis tersebut diuji dengan taraf signifikansi 5%.
Di samping itu, atribut aman dan waktu mendapat nilai keyakinan dan
sikap tertinggi dari responden. Sedangkan yang masih dianggap kurang adalah
atribut restoran dan makanan.
Dengan demikian manajemen Perumka perlu memperbaiki pelayanan
dengan cara meningkatkan pelayanan ataupun membuat kebijakan bam. Untuk
atribut restoran diatasi dengan cara menyediakan tempat yang nyaman dan bersih.
Sedangkan untuk atribut makanan diatasi dengan cara menambah menu makanan.
Collections
- Management [4576]