Show simple item record

dc.contributor.advisorDjoko Utomo
dc.contributor.authorYanuar Fariz
dc.date.accessioned2020-11-30T02:40:05Z
dc.date.available2020-11-30T02:40:05Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/25503
dc.description.abstractSemakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat mendorong konsumen untuk lebih selektif dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka umumnya semakin kritis dalam membeli dan memilih barang dan jasa yang dibutuhkan oleh tiap konsumen dengan tujuan agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhannya dengan mencapai titik kepuasan yangdiharapkan. Peningkatan kebutuhan tersebut berdampak positif pada perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kebutuhan hidup terutama perusahaan yang bergerak dibidang bisnis eceran. Dengan ketatnya persaingan, Toko ANYAR Klaten sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang bisnis eceran memandang perlu untuk mengantisipasinya. Salah satunya dengan melakukan riset untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan membeli yang dilakukan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan marketing mix terhadap keputusan membeli konsumen di Toko ANYAR Klaten. Sampel penelitian ini adalah 100 responden. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Uji Regresi Linier untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh marketing mix terhadap keputusan membeli, Uji F untuk mengetahui pengaruh variabel marketing mix secara keseluruhan terhadap keputusan membeli, Uji t untuk mengetahui variabel-variabel marketing mix secara terpisah pengaruhnya terhadap keputusan membeli, Analisis Koefisien Determinasi untuk mengetahui tinggi-rendahnya derajat hubungan antara marketing mix dengan keputusan membeli konsumen. Setelah dilakukan Uji Regresi Linier didapat 0,808. Dari hasil Uji F didapat nilai sebesar 44,716. Sedangkan hasil Uji t untuk masing-masing variabel sebagai berikut: Produk (3,342), Harga (6,113), Promosi (5,612), Lokasi (4,580). Hasil Analisis Koefisien Determinasi menghasilkan nilai sebesar 0,653. Dari koefisien regresi diperoleh koefisien untuk masing-masing variabel sebagai berikut: Produk (0,140), Harga (0,192), Promosi (0,208), Lokasi (0,192). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan yang erat antara aktifitas marketing mix dengan keputusan membeli konsumen. Baik secara serempak maupun parsial, variabel marketing mix berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membeli. Variabel promosi ternyata merupakan variabel marketing mix yang paling berpengaruh terhadap keputusan membeli konsumen. Dengan hasil ini diharapkan, Toko ANYAR Klaten mampu menentukan langkah strategis selanjutnya untuk mempertahankan eksistensinya ditengah persaingan dunia usaha yang semakin ketat.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Pengaruh Strategi Marketing Mixen_US
dc.subjectKeputusan Membelien_US
dc.subjectToko Anyar Klatenen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Strategi Marketing Mix terhadap Keputusan Membeli pada Toko Anyar Klatenen_US
dc.Identifier.NIM01311077


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record