Analisis Pengaruh Strategi Marketing Mix terhadap Keputusan Membeli pada Toko Anyar Klaten
Abstract
Semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat mendorong konsumen untuk
lebih selektif dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka umumnya semakin
kritis dalam membeli dan memilih barang dan jasa yang dibutuhkan oleh tiap
konsumen dengan tujuan agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhannya
dengan mencapai titik kepuasan yangdiharapkan. Peningkatan kebutuhan tersebut
berdampak positif pada perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kebutuhan
hidup terutama perusahaan yang bergerak dibidang bisnis eceran. Dengan
ketatnya persaingan, Toko ANYAR Klaten sebagai salah satu perusahaan yang
bergerak di bidang bisnis eceran memandang perlu untuk mengantisipasinya.
Salah satunya dengan melakukan riset untuk mengetahui pengaruh marketing mix
terhadap keputusan membeli yang dilakukan oleh konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan
marketing mix terhadap keputusan membeli konsumen di Toko ANYAR Klaten.
Sampel penelitian ini adalah 100 responden. Dalam menganalisis data, peneliti
menggunakan Uji Regresi Linier untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
marketing mix terhadap keputusan membeli, Uji F untuk mengetahui pengaruh
variabel marketing mix secara keseluruhan terhadap keputusan membeli, Uji t
untuk mengetahui variabel-variabel marketing mix secara terpisah pengaruhnya
terhadap keputusan membeli, Analisis Koefisien Determinasi untuk mengetahui
tinggi-rendahnya derajat hubungan antara marketing mix dengan keputusan
membeli konsumen.
Setelah dilakukan Uji Regresi Linier didapat 0,808. Dari hasil Uji F didapat
nilai sebesar 44,716. Sedangkan hasil Uji t untuk masing-masing variabel sebagai
berikut: Produk (3,342), Harga (6,113), Promosi (5,612), Lokasi (4,580). Hasil
Analisis Koefisien Determinasi menghasilkan nilai sebesar 0,653. Dari koefisien
regresi diperoleh koefisien untuk masing-masing variabel sebagai berikut: Produk
(0,140), Harga (0,192), Promosi (0,208), Lokasi (0,192).
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa ada
hubungan yang erat antara aktifitas marketing mix dengan keputusan membeli
konsumen. Baik secara serempak maupun parsial, variabel marketing mix
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membeli. Variabel promosi
ternyata merupakan variabel marketing mix yang paling berpengaruh terhadap
keputusan membeli konsumen. Dengan hasil ini diharapkan, Toko ANYAR
Klaten mampu menentukan langkah strategis selanjutnya untuk mempertahankan
eksistensinya ditengah persaingan dunia usaha yang semakin ketat.
Collections
- Management [4545]