Analisis Pengaruh Iklan Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX di Televisi terhadap Keputusan Beli (Studi terhadap Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh suatu
iklan ditelevisi terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Iklan yang baik
adalah iklan yang dapat memberikan informasi yang diinginkan oleh konsumen
dan dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh produsen mengenai
produk yang dijualnya. Selain itu iklan juga bertujuan untuk mengubah pelanggan
dari tahumenjadi memahami, mengambil sikap lalumembeli.
Dalam penelitian ini iklan yang diteliti adalah iklan produk sepeda motor
Yamaha Jupiter MX yang menggunakan media televisi sebagai media
periklanannya.
Data yang dicari dalam penelitian ini merupakan data primer melalui
pemberian kuesioner kepada 100 orang mahasiswa aktif yang pernah melihat
tayangan iklan sepeda motor Yamaha Jupiter MX ditelevisi sebagai responden
dengan karakteristik yang dibedakan menurut jenis kelamin, umur, dan tingkat
pendapatan. Data primer tadi juga didukung oleh data sekunder yang diperlukan
melalui literatur maupun jurnal yang diperoleh. Dalam penelitian ini data yang
diperoleh kemudian melalui dua tahap analisis, yaitu analisis kualititif dan
kuantitatif dimana analisis kualitatif adalah analisis yang didasarkan pada data
yang diperoleh dari para responden dan dinyatakan dalam bentuk tabulasi data.
Sedangkan analisis kuantitatif adalah analisis yang digunakan untuk menguji
apakah terdapat pengaruh yang signifikan atau tidak, antara atribut iklan terhadap
keputusan pembelian. Analisis statistik dalam penelitian ini meliputi analisis
regresi berganda, analisis korelasi berganda dan analisis secara parsial.
Penelitian ini menghasilkan bahwa berdasarkan hasil Uji F dan Uji t, variabel
iklan mempunyai pengaruh yang signifkan terhadap Keputusan Beli pada sepeda
motor Yamaha Jupiter MX. Selain itu ditemukan bahwa variabel Bintang Iklan
merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap Keputusan Beli oleh
konsumen.
Collections
- Management [4527]