Analisis Sikap Konsumen dalam Membeli Sepeda Motor Merek Suzuki Shogun 125 di Kota Cilacap
Abstract
Latar belakang yang menjadi permasalahan dalam skripsi disini adalah bagaimana
sikap konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki Shogun 125 dan apakah
terdapat perbedaan sikap konsumen dalam membeli produk motor Suzuki Shogun 125
berdasarkan karakteristik konsumennya. Tujuan Penelitian Untuk mendapatkan sikap
konsumen dalam membeli sepeda motor merek Suzuki Shogun 125 dan Untuk
mendapatkan perbedaan sikap para konsumen berdasarkan karakteristik konsumen.
Metode Penelitiannya adalah menggunakan populasi dan sampel. Dalam penelitian
ini ditentukan populasinya adalah pemakai motor Suzuki Shogun 125 yang berdomisili di
kota Cilacap. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah Convenience Sampling.
Metode ini dilakukan dengan mencari dan memberikan angket untuk diisi, kepada siapa
saja yang dapat mewakili populasi (orang yang memakai motor Suzuki Shogun 125
dikota Cilacap. Dengan sampel 96 responden
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian seperti yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu berdasarkan karakteristik konsumen
yang menggunakan sepeda motor Suzuki Shogun 125 di Kota Cilacap sebagian besar
konsumen adalah pria yaitu sebesar 59,4%, berusia muda yaitu antara 20 - 25 tahun
sebesar 46,9%, dan memiliki pengeluaran per bulan antara Rp. 1.000.000 - 2.000.000
rupiah yaitu sebesar 40,6%. Hal ini menunjukkan bahwa profil konsumen yang
menggunakan produk sepeda motor Suzuki Shogun 125 di kota Cilacap merupakan usia
produktif, dengan tingkat pengeluaran yang cukup, sehingga merupakan segmen pasar
yang tepat dalam memasarkan produk sepeda motor Suzuki Shogun 125 di kota Cilacap
Berdasarkan Analisis Fishbein dapat disimpulkan bahwa Sikap konsumen terhadap
atribut yang ditawarkan oleh produk sepeda motor Suzuki shogun 125 adalah baik.
Sedangkan atribut yang memberikan sikap tertinggi adalah atribut desain. Selanjutnya
diikuti oleh atribut warna, kemudahan suku cadang, ruang bagasi, harga dan layanan
purnajual.
Dalam pengujian hipotesis disimpulkan bahwa berdasarkan jenis kelamin terdapat
perbedaan yang sikap konsumen terhadap atribut wama dan ruang bagasi pada Sepeda
motor Suzuki Shogun 125 di Kota Cilacap. Usia pada atribut desain terdapat perbedaan
sikap konsumen pada pengguna sepeda motor Suzuki Shogun 125 di Kota Cilacap. Hal
ini berarti konsumen yang berusia muda akan berbeda sikapnya pada desain yang ada
dibandingkan dengan responden yang berusia tua. Pada pengeluaran per bulan pada
atribut harga terdapat perbedaan yang signifikan pada pengguna sepeda motor Suzuki
Shogun 125 di Kota Cilacap. Hal ini berarti responden yang memiliki pengeluaran per
bulan berbeda akan memberikan sikap yang berbeda pula terhadap atribut harga.
Collections
- Management [4527]