Strategi Pemasaran Kapur Bubuk UD. Sinar Alam Gresik dalam Menghadapi Persaingan
Abstract
Prospek usaha di bidang pembuatan Kapur Bubuk saat ini dirasakan semakin
baik, walupun permmtaan hanya sebatas pasar lokal disuatu daerah. Hal ini ini
tentu saja akan menyebabkan tumbuhnya perusahaan-perusahaan yang bergerak
dalam usaha pembuatan Kapur Bubuk, sehingga persaingan yang terjadi akan
semakin ketat. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam usaha pembuatan Kapur
Bubuk, perusahaan Kapur Bubuk UD. Sinar Alam Gresik tentu saja akan
merasakan dampak dari persaingan tersebut. Maka dari itu perusahaan Kapur
Bubuk UD. Sinar Alam Gresik harus dapat merencanakan dan menerapkan
strategi-strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan yang ada.
Dalam skripsi ini peneliti membahas tentang strategi apa yang seharusnya
diterapkan oleh perusahaan Kapur Bubuk UD. Sinar Alam Gresik untuk bisa tetap
bertahan dan berkembang ditengah-tengah ketatnya persaingan, dengan judul
skripsi Strategi Pemasaran Kapur Bubuk UD. Sinar Alam Gresik Dalam
Menghadapi Persaingan". Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk
menentukan posisi bisnis perusahaan Kapur Bubuk UD. Sinar Alam Gresik dalam
persaingan dan untuk menetapkan strategi pemasaran yang akan dilakukan
Penuhs menggunakan Matrik Daya Tarik Industri dan Matrik SWOT sebagai
alat anahsis data dalam skripsi ini, yaitu dengan mengidentifikasi dan memberikan
bobot serta nilai terhadap masing-masing variabel eksternal yang merupakan
peluang dan ancaman yang terdiri dari: Daya beli konsumen, besarnya pasar
pertumbuhan pasar, perkembangan tekhnologi, sumber bahan baku, regulasi
pemenntah, perubahan pendapatan konsumen, hambatan memasuki pasar kurs
mata uang, dan pesaing baru yang masuk. Dan juga variabel internal perusahaan
yang merupakan kekuatan dan kelemahan yang terdiri dari: Pangsa pasar, kualitas
produk, kuantitas produk, kualitas karyawan, kebijakan harga, lokasi perusahaan
pelayanan terhadap konsumen, jumlah armada, saluran distribusi, riset dari
pengembangan tekhnologi, dan efektifitas promosi.
Hasil penelitian dari analisis tersebut menunjukkan bahwa posisi bisnis
perusahaan Kapur Bubuk UD. Sinar Alam Gresik berada pada posisi medium atau
selektif, dengan nilai tertimbang indikator variabel eksternal sebesar 294 dan nilai
tertunbang indikator variabel internal sebesar 2,98. Dari hasil tersebut berdasarkan
Matrik Daya Tarik Industri dapat dirumuskan strategi yang tepat untuk diterapkan
oleh perusahaan Kapur Bubuk UD. Sinar Alam, yaitu strategi tumbuh berdasarkan
segmen pasar, spesialisasi, dan investasi selektif. Dan berdasarkan Matrik SWOT
strategi yang dapat diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk merebut
peluang, menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman, memanfaatkan
peluang dengan meminimalkan kelemahan, dan berusaha meminimalkan
kelemahan serta menghindari ancaman.
Collections
- Management [4703]