Show simple item record

dc.contributor.authorYanti, Sri
dc.date.accessioned2017-02-16T04:31:38Z
dc.date.available2017-02-16T04:31:38Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/2541
dc.description.abstractPengembangan Strategi Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-anak TPA Al-jami’. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 2016. Penelitian ini di latar belakangi oleh teknik dan suasana pengajaran di TPA yang digunakan para guru cenderung monoton dan membosankan, sehingga menurunkan motivasi belajar anak-anak TPA Al-jami’. Kondisi ini berdampak pada motivasi belajar yang rendah dalam mengikuti kegiatan belajar di TPA Al-jami’. Hal ini dikarnakan oleh pembelajaran agama yang monoton hanya diajarkan BTAQ saja, sehingga para anak-anak mudah bosen dan tidak semangat untuk datang dalam proses belajar mengajar di TPA Al-jami’ Nglanjaran. Pertanyaan yang akan dicari jawabannya: 1) Bagaimana proses penerapan strategi pembelajaran PAI di TPA Al-jami’ Nglanjaran? 2). Bagaimana Hasil pengembangan strategi pembelajaran PAI di TPA Al-jami’ Nglanjaran? Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di TPA Al-jami’ Nglanjaran. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengklarifikasikan data-data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan (deskriptif analisis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses peneraapan strategi pembelajaran PAI di TPA Al-jami’ Nglanjaran bervariasi dan cukup bagus. Hal ini terbukti dengan diadakanya beberapa program-program untuk pengembangan strategi pembelajaran PAI. Adapun program-program tersebut yaitu: 1) Pemberian hadiah. 2) Pembelajaran menulis arab. 3) Pembelajaran aqidah. 4) Pembelajaran ibadah 5) Peembelajaran akhlak, dan 6) Pembelajaran sejarah islam. Hasil pengembangan strategi pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak TPA Al-jami’ Nglanjaran Sleman Yogyakarta, hasilnya sudah memuaskan, dan anak-anak TPA cukup antusias dalam mengikuti proses pembelajaran di TPA Al-jami’. Namun ada beberapa faktor penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pengembangan strategi pembelajaran PAI ini, yaitu sebagai berikut: 1) Kurangnya partisipasi orang tua dalam memantau belajar anak-anak saat dirumah. 2) Kurangnya koordinasi yang baik anatara para guru dengan ketua pengurus TPA Al-jami’ dalam meningkatkan kegiatan-kegiatan TPA Al-jami’. 3) Sulit mengkondisikan anak-anak TPA saat proses pembelajaran.en_US
dc.publisherUIIen_US
dc.relation.ispartofseriesTugas Akhir;
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectPembelajaran PAIen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectTPAen_US
dc.titlePengembangan Strategi Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-anak TPA Al-jami’ Nglanjaran, Sleman, Yogyakarta.en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record