Factors Influencing the Satisfaction of Human Resource in Providing Service to the Customer at BPD DIY, Senopati Branch
Abstract
Wibowo, Prasetyo, Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan sebagai Sumber
Daya Manusia dalam Memberikan pelayanan kepada konsumen pada Bank
Fembangunan Daerah, cabang Senopati, Jogjakarta, Program Internasional
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia, Jogjakarta.
Tujuan utama BPD DIY adalah memberikan pelayanan terbaik pada
konsumen, oleh karena itu, BPD DIY harus mempunyai karyawan yang
memenuhi syarat untuk bekerja di BPD DIY, Senopati Branch untuk memberikan
pelayanan terbaik pada konsumen. Permasalahan utama nya adalah faktor- faktor
apa saja yang mempengaruhi sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan
pada konsumen. Tanggung jawab utama terhadap baik buruknya kualitas
pelayanan terganrung pada staff dan karyawan yang memberikan pelayanan
tersebut. Untuk memberikan kualitas terbaik pada konsumen mereka setiap
perusahaan pelayanan mengidentifikasi faktor utama yang mempengaruhi
kualitas pelayanan sumber daya manusia sebagai alasan utama. yang diperoieh
dan anahsa pengharapan karyawan untuk mengetahui posisi seharusnya
perusahaan.
Tujuan dari manajemen sumber daya manusia adalah kontnbusi produktif
dan karyawan pada perusahaan dengan jalan yang berstrategi, beretika dan ada
tanggung jawab sosial. Tujuan ini membimbing secara teori dan praktik dari
manajemen sumber daya manusia, yang juga lebih umum dikenal manajemen
personalia.
Dan tahun ketahun BPD DIY, cabang Senopati telah mengalami
perkembangan, dan perkembangan baik tersebut telah memotivasi perusahaan
untuk melengkapi persyaratan, khususnya pada pelayanan nasabah Layanan
nasabah im diharapkan untuk menanggapi keluhan konsumen, seperti untuk
melayani sesuatu yang tidak sesuai.
Melalui hasil questioner yang dibagikan pada karyawan, tiga faktor utama
yang telah mempengaruhi kepuasan sebagai pegawai pemenntah khususnya
pegawai bank, adalah, keadaan lmgkungan kerja, hubungan kerja dan sistem
kompensasi. Keadaan lmgkungan kerja merupakan faktor terbesar yang
mempengaruhi kepauasan sebagai pegawai pemerintah dengan level tertinggi 19
responden atau 63,33%. Pengafuran yang baik dan semua sumber daya manusia
adalah penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan
hasil probability <0,05. Hasil-hasil tersebut diolah dengan program SPSS dengan
model F tes dan T tes.
Dapat disimpulkan bahwa perusahaan seharusnya memberikan perhatian
lebih pada kondisi lmgkungan kerja, hubungan kerja dan sistem kompensasi
dengan tujuan untuk membenkan kepuasan optimal sebagai pegawai negen yang
berdasarkan onentasi standar kualitas pada Bank Pembangunan Daerah cabang
Senopati.
Collections
- Management [4527]