Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Parfum (Studi Kasus pada Mahasiswa FE UII)
Abstract
Penulisan kali ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh atribut
produk parfum dengan keputusan pembelian dan atribut produk parfum yang
dominan mempengaruhi konsumen dalam penga.nbilan keputusan pembelian.
Penelitian dilakukan di kalangan mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi
Universitas Islam Indonesia yang berdomisili di Kelurahan Condong Catur, dimana
Kelurahan Condong Catur ini merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Depok,
Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode pengambilan
sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampling
sebanyak 97 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi
wiwancara dan sebaran kuesioner yang menggunakan skala Likert. Analisis yang
digunakan adalah analisis regresi di dalam menguji pengaruh atribut produk yang
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen produk parfum ( Singcih Santoso dan
Fandi Tjiptono,2001, him195).
Hasil penelitian menunjukkan atribut-atribut parfum berupa variabel harga,
kemasan, kualitas, merk dan taste secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan
terhadap variabel keputusan pembelian produk parfum. Atribut / variabel merk
merupakan atribut produk parfum yang paling dominan berpengaruh terhadap
variabel keputusan pembelian. Responden mahasiswa dan mahasiswi Fakultas
Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang berdomisili di Kelurahan Condong Catur,
Yogyakarta adalah sebagian besar mereka yang termasuk dalam golongan menengah
ke atas. Hal ini dapat dilihat rata-rata uang saku per bulan responden. Sedangkan
berdasarkan jenis kelamin, sebagian besar adalah kelompok laki-laki dengan jumiah
sebanyak 52 orang atau 53,6 %, sedangkan sisanya adalah perempuan sebanyak 45
orang atau 46,4 %, yang rata-rata memiliki tingkat uang saku sebesar Rp. 500.000 -
Rp. 1000.000 sebesar 56 orang atau 57,7%, hal ini menunjukkan bahwa responden
mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang
berdomisili di Kelurahan Condong Catur, Yogyakarta sebagian besar adalah mereka
yang termasuk dalam golongan menengah ke atas
Collections
- Management [4703]