Pengaruh Persepsi Citra Toko dan Citra Harga terhadap Minat Pembelian Produk Merek Toko di Yogyakarta
Abstract
Saat ini kebutuhan masyarakat semakin hari semakin meningkat, ditambah
dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pada aspek gaya
hidup berbelanja masyarakat yang mulai bergeser ke pasar modern (pasar retail).
Maraknya bisnis retail di Indonesia menyebabkan potensi persaingan pasar di
Indonesia menjadi ketat, diimbangi pula oleh menjamurnya merek toko (store brand).
Persaingan yang ketat membuat keberadaan merek toko menjadi sangat penting.
Penelitian ini bertujuan menguji adanya pengaruh persepsi citra toko dan citra harga
terhadap minat pembelian produk merek toko di Yogyakarta. Populasi yang
digunakan merupakan orang yang pernah membeli dan mengonsumsi produk merek
toko di Yogyakarta. Data yang digunakan ialah data primer dengan 166 responden.
Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Analisis
menggunakan metode SEM dan diolah menggunakan aplikasi AMOS versi 22.0.
Hasil penelitian berhasil menunjukkan bahwa enam hipotesis signifikan. Persepsi
citra toko dan citra harga berpengaruh positif terhadap minat pembelian merek toko,
sedangkan persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap minat pembelian merek toko.
Collections
- Management [4581]